Sidang Kasus Ganti Rugi Lahan Tol, Suharizal: Tidak Pernah Dijadikan Aset Pemda

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:31 WIB
Suasana sidang kasus ganti rugi lahan Tol
Suasana sidang kasus ganti rugi lahan Tol

HARIAN HALUAN - Dalam sidang kasus dugaan korupsi ganti rugi lahan tol di Taman Kehati agenda mendengarkan keterangan saksi, Kamis 17 Juni 2022 lalu terungkap bahwa tak ada ganti rugi lahan.

Hal ini disampaikan saksi Musriadi selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman periode 2004-2011 yang juga Anggota Panitia Pengadaan Tanah untuk Ibu Kota Kabupaten (IKK) Padang Pariaman.

Musriadi mengatakan pengadaan tanah untuk Ibu Kota Kabupaten (IKK) Padang Pariaman berawal dari rencana Pemda memindahkan IKK Padang Pariaman dari Kota Pariaman saat ini ke suatu tempat yang belum tahu lokasinya.

Baca Juga: Dua Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Lahan Tol di Taman Kehati Dapat Dukungan Moril Kementerian ATR/BPN

“Bupati saat itu sampaikan pada masyarakat dan ada beberapa tempat yang ninik mamaknya mau serahkan tanahnya ke Pemda untuk dibangun IKK yang ditunjuk bupati adalah Parit Malintang sebagai IKK serta baru berproses pengadaan tanah,” kata Musriadi. 

Ia menjelaskan bahwa tanah tersebut awalnya berstatus tanah ulayat tapi tidak ada serah terima dari ninik mamak dengan Bupati yang menjabat saat itu.

“Sepengetahuan saya tidak ada informasi pada saat itu, ada keberatan dari beberapa pihak dan intinya setelah diserahkan atau dibebaskan oleh ninik mamak itu, tidak ada pihak yang protes atau segala macam, sampai berjalan proses pengadaan tanah itu,” ujarnya.

Baca Juga: Diwarnai Aksi Demo, Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Ganti Lahan Tol Padang-Pekanbaru

Menurut Musriadi, dalam penyerahan tanah tidak ada ganti rugi lahan antara ninik mamak dengan Pemda Kabupaten Padang Pariaman, tapi yang ada hanya penggantian tanaman dan bangunan milik masyarakat yang ada di atas tanah tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X