Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:40 WIB
Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan
Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

 

HARIAN HALUAN - Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Jambore Kader PKK yang ke-17 tingkat Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2022 di gedung PCC, Jumat (17/6). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 17-18 Juni 2022 itu dibuka Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dan dihadiri Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Ny.Yunesti Rusma Yul Anwar dan kepala perangkat daerah.

Dalam sambutanya Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan, sebagaimana visi dari gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, sehat, sejahtera, maju dan madiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Hal itu diimplementasikan melalui misi gerakan PKK adalah meningkatkan mental, spiritual, perilaku hidup dengan menghayati dan mengamalkan Pancasila. Meningkatkan pendidikan dan keterampilan dalam upaya mencerdaskan dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, pemanfaatan pekarangan, sandang, perumahan serta tata laksanakan rumah tangga yang sehat. Meningkatkan derajat kesehatan, kelestarian lingkungan dan membiasakan hidup menabung.

Baca Juga: Pasar Jati Kota Pariaman Akan Dijadikan Kawasan Pengembangan Investasi

Bupati berharap dengan adanya Jambore Kader PKK berprestasi dapat menjadi ujung tombak atau perpanjangan tangan Tim Penggerak PKK Nagari untuk melaksanakan gerakan PKK dalam rangka mewujudkan keluarga sehat, berkualitas dan berketahanan pangan.

Dikatakan, gerakan PKK kedepan seyogianya memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pemberdayaan keluarga. Memang harus dipahami keluarga sebagai sebuah potensi sosial yang besar dan karenanya harus memiliki strategi pembangunan yang tepat sehingga potensi tersebut dapat menciptakan manfaat dan kemaslahatan sosial yang luas.

Memahami tantangan yang begitu berat dalam memaknai tanggung jawab terhdap pemberdayaan keluarga, diharapkan masing-masing perangkat daerah dan camat selaku Anggota Dewan Penyantun senantiasa dapat memberikan perhatian untuk peningkatan sumberdaya kader melalui program pembinaan dan peningkatan kemampuan kader.

"Salah satu bentuk pembinaan tersebut adalah melalui kegiatan Jambore Kader PKK ini ditekankan agar kader-kader dapat meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK," ajak bupati.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X