Rusma Yul Anwar: Kemenhub Rencanakan Pengembangan Pelabuhan Penasahan Pesisir Selatan

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:50 WIB
Rusma Yul Anwar: Kemenhub Rencanakan Pengembangan Pelabuhan Penasahan Pesisir Selatan
Rusma Yul Anwar: Kemenhub Rencanakan Pengembangan Pelabuhan Penasahan Pesisir Selatan

 

HARIAN HALUAN - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengungkapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan rencananya untuk mengembangkan Pelabuhan Panasahan Painan. Menurut bupati dalam perbincangannya dengan jajaran Direktorat Perhubungan Laut Kemenhub pembangunan bakal dilakukan pada 2023, namun setelah ada peninjauan lapangan terkait kondisi terkini pelabuhan.

"Mudah-mudahan pengembangannya segera terlaksana, karena dampaknya sangat besar terhadap perekonomian daerah, khususnya masyarakat," ungkap bupati di Jakarta.

Guna memacu pembangunan kawasan maritim Pesisir Selatan, Bupati Rusma Yul Anwar kembali mengusulkan rencana pengembangan pelabuhan Panasahan Painan ke Kemenhub. Dalam kunjungan itu bupati juga didampingi Kepala Dinas Perhubungan Pesisir Selatan Syafrijoni, Kepala Bidang Perhubungan Laut Fadli Amra dan sejumlah pejabat eselon III lainnya.

Selain melakukan survei ke kawasan pelabuhan pihak Kemenhub meminta pemerintah kabupaten untuk segera merevisi detail enginering design (DED), karena yang lama sudah tidak berlaku. Revisi bakal diajukan pada perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun, sehingga rampung sebelum 2023.

Baca Juga: Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

"Ya, usulannya bakal kami ajukan di perubahan nanti," terang bupati.

Sedangkan untuk ketersediaan lahan yang bakal dikembangkan pemerintah kabupaten telah menyerahkan sertifikat lahan seluas ke Kementerian melalui KSOP Teluk Bayur beberapa waktu lalu. Bupati menyampaikan pengembangan pelabuhan fokus pada kawasan darat antara lain pembangunan kawasan pergudangan, fasilitas perkantoran dan sarana prasarana pelabuhan lainnya.

Pembuatan tanki timbun untuk crude palm oil (CPO), sehingga pengiriman produk turunan kelapa sawit itu tidak hanya lewat Teluk Bayur, tapi juga bisa dari Panasahan dan sekaligus meminimalisir kerusakan jalan negara.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X