Dinas Kominfo Pesisir Selatan Targetkan Semua Nagari Bebas Blank Spot

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:45 WIB
Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi
Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi

 


HARIAN HALUAN - Agar ke depan tidak lagi ditemui pemukiman atau wilayah blank spot dan sinyal lemah di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pemerintah daerah (Pemda) setempat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan upaya maksimal dalam memfasilitasi penyediaan layanan telepon dan internet.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi, Kamis (16/6) di Painan.

Dia menjelaskan bahwa untuk menjawab kebutuhan itu, pihaknya juga telah turun kelapangan bersama Anggota Komisi III DPRD Pessel, yang membidangi komunikasi dan telekomunikasi tersebut.

"Jika opsi penyediaan layanan internet atau telepon yang dilakukan saat ini masih belum juga bisa memenuhi kebutuhan konsumen di Pessel, kita akan melakukan opsi lain, seperti kolaborasi jaringan dengan vendor, serta juga upaya melobi pemerintah pusat," katanya.

Dia menjelaskan bahwa hingga saat ini Pemkab Pessel melalui Dinas Kominfo telah melakukan berbagai terobosan untuk menyediakan akses internet dan telepon.

Baca Juga: Bupati Rusma Yul Anwar Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan

Diantaranya menjalin kerjasama jaringan dengan provider, seperti Telkom Indonesia dan Telkomsel untuk jaringan android selaku penyedia layanan dan membangun infrastruktur telekomunikasi.

"Upaya itu dilakukan melalui pembangunan menara BTS di beberapa kawasan potensial pada tahun 2021 di beberapa nagari sulit, terpencil, dan beberapa kawasan wisata," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa penyediaan akses internet di wilayah potensial dan beberapa kawasan wisata tersebut telah memberikan dampak secara signifikan terhadap perkembangan teknologi. Seperti transaksi digital dan aktivitas pasar sehingga memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara umum.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

X