Rawat Ingatan Sejarah, Karang Taruna Siti Manggopoh Suguhkan Teaterikal Perang Manggopoh

- Minggu, 19 Juni 2022 | 13:44 WIB
Rawat Ingatan Sejarah, Karang Taruna Siti Manggopoh Suguhkan Teaterikal Perang Manggopoh
Rawat Ingatan Sejarah, Karang Taruna Siti Manggopoh Suguhkan Teaterikal Perang Manggopoh

HARIAN HALUAN - Banyak cara yang dapat dilakukan generasi muda dalam memaknai jasa para pahlawan, seperti yang dilakukan sejumlah anak nagari yang tergabung dalam Karang Taruna Siti Manggopoh.

Belasan anak Nagari Manggopoh ini menampilkan teaterikal dan deklamasi puisi bertajuk Bait Senyap Mande Siti.

Penampilan seni pertunjukan tersebut dimainkan dalam rangkaian peringatan Perang Manggopoh ke-114 di medan bapaneh Balai Satu, Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam.

Baca Juga: 114 Tahun Perang Manggopoh, Pemkab Agam Terus Upayakan Siti Manggopoh Pahlawan Nasional

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Koreografer dan Penulis Naskah Bait Senyap Mande Siti, Ihsan Fuadi mengatakan teaterikal dan deklamasi puisi merupakan cara anak nagari merawat peristiwa sejarah Perang Manggopoh.

Menurutnya teaterikal Bait Senyap Mande Siti merupakan sarana penyampai pesan yang efektif bagi generasi muda. Dikatakan, konsep teaterikal yang ditampilkan merupakan penggambaran kondisi masa lalu dan kekinian.

“Pesan melalui teaterikal ini bagaimana kita menyikapi gempuran masa kini seperti kemajuan teknologi, kenakalan remaja dan sebagainya,” katanya.

Baca Juga: Bank Nagari Bantu Bangun Fasilitas Olahraga di Batang Agam

Dijelaskan lebih lanjut, penampilan yang diperankan 17 anak nagari itu diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk tidak mudah menyerah dan anak muda harus ambil bagian dalam memajukan nagari.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X