Pessel Tetap Buka Peluang Bagi Investor untuk Berinvestasi

- Senin, 20 Juni 2022 | 10:53 WIB
Kawasan Mandeh
Kawasan Mandeh

 


HARIAN HALUAN - Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan tetap membuka peluang dan kemudahan kepada pemilik modal untuk melakukan investasi pada tiga sektor potensi besar yang dimiliki oleh daerah itu. Tiga potensi besar itu diantaranya pertanian, perikanan dan sektor pariwisata.

Upaya itu dilakukan sebab tiga potensi itu diyakini akan memberikan dampak positif yang sangat besar bagi daerah itu nantinya dalam memulihkan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi akibat pengaruh pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum mereda.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, terkait upaya yang telah dilakukan daerah itu sejak beberapa tahun terakhir dalam mendorong dan membuka peluang bagi pemilik modal untuk berinvestasi sesuai dengan potensi yang dimiliki itu.

Baca Juga: STB dan TV Baru, Jalan untuk Dapatkan Siaran TV Digital

"Kehadiran pemilik modal untuk berinvestasi akan dapat mendorong peningkatan ekonomi di daerah. Bahkan lebih dari itu, yakni bisa mendongkrak pergerakan ekonomi secara nasional. Dikatakan demikian, sebab Pessel juga memiliki beberapa potensi besar. Diantaranya, sektor pertanian dan perkebunan, serta perikanan, dan pariwisata," ujarnya.

Sebagai daerah penampung investasi hak dan tanggung jawab pemilik modal pada lingkungan sosial sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Koordinasi Sosial Penanaman Modal (BKPM) RI No.17 tahun 2015 tentang pedoman tata cara pengendalian pelaksanaan modal, tetap diutamakan.

Upaya itu harus dilakukan, sebab melalui investasi akan tercipta lapangan kerja, berkembangnya ekonomi masyarakat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.

"Apa lagi Presiden RI, Joko Widodo, memang sangat fokus dan intens dengan kegiatan investasi penanaman modal, terutama yang dapat menyerap banyak tenaga kerja," jelasnya.

Terkait harapan itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pessel, Beriskhan, menjelaskan bahwa salah satu kewajiban penanam modal sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala BKPM Nomor 17 tahun 2015 adalah penanam modal wajib membuat dan menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X