Perangkat STB Selalu Dicari Konsumen

- Selasa, 21 Juni 2022 | 12:15 WIB
Toko Cipta Elektronik di Blok A no.3 Pasar Raya Padang.  (ATVIARNI)
Toko Cipta Elektronik di Blok A no.3 Pasar Raya Padang. (ATVIARNI)

 


HARIAN HALUAN -- Pagi menjelang siang di Pasar Raya Padang. Baru pukul 10.00 WIB, tapi belum banyak toko yang buka di kawasan Blok A, lokasi pusat penjualan elektronik di sana.

Saat itu, Toko Cipta Elektronik di Blok A no.3 baru saja buka. Seorang karyawannya, Riki, sedang asyik berbenah dan menyusun berbagai jenis perangkat elektronik, saat seorang pembeli datang dan menanyakan apakah di tokonya ada menjual Set Top Box (STB).

STB TV digital merupakan alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Hasilnya, gambar yang ditampilkan pun lebih jernih dan siaran (chanel) yang didapat juga lebih banyak.

Riki melayani konsumennya dengan ramah. Beberapa merk STB yang sudah sesuai standar nasional Indonesia pun ditawarkan pada pelanggannya. Ada beberapa merk, Evercoss, Luby dan Polytron yang ditawarkan dari harga Rp250 ribu hingga Rp400 ribuan. Ia pun menerangkan kelebihan maupun kekurangan masing-masing merk tersebut.

Satu unit STB merk Evercoss kemudian menjadi pilihan pelanggannya. Riki pun dengan sigap membantu mencari chanel chanel yang tersedia. "Hanya butuh kode pos tempat tinggal dimana konsumen berada," kata Riki, Senin (20/6).

Baca Juga: Kantor Pos Bukittinggi Tuntas Distribusikan 184 STB Tahap I

Setiap hari, menurut Riki, ada saja konsumen yang datang ke tokonya untuk membeli perangkat STB. Apalagi sejak adanya program pemerintah Analog Switch Off (ASO) yang dimulai sejak 30 April 2022 dan akan berakhir pada 2 November mendatang.

ASO 2022 merupakan program pengalihan dari siaran TV Analog ke TV Digital sehingga menjadi lebih bersih dan jernih diterima masyarakat. Perangkat STB sangat membantu masyarakat, karena mereka tak perlu mengganti TV analognya dengan TV digital lagi. Siaran digital Indonesia yang didapat juga lebih banyak, dan yang paling penting, masyarakat tak perlu membayar uang bulanan untuk bisa menikmati siaran itu alias gratis.

"Alhamdulillah, permintaan STB dipekirakan akan terus meningkat seiring dengan pemberlakuan ASO 2022. Kami juga sudah memiliki stok aneka merk STB. Jadi selalu siap melayani calon pembeli," kata Riki sambil tersenyum. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X