Anggota DPD RI Emma Yohanna Apresiasi Pemberian STB Gratis untuk Keluarga Miskin

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:12 WIB
Emma Yohanna 
Emma Yohanna 

 

HARIAN HALUAN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumbar Emma Yohanna mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) yang telah mendistribusikan perangkat set top box (STB) gratis kepada masyarakat miskin.

Meski tak semua warga miskin yang masuk kategori sebagai penerima STB, namun, upaya tersebut dinilai Emma sebagai langkah tepat Kominfo untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, agar mereka bisa mendapatkan dan menonton siaran digital Indonesia yang lebih jernih secara gratis, meskipun dari pesawat televisi analog.

Pendistribusian STB gratis Kemenkominfo RI untuk penduduk miskin di Indonesia, merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyukseskan program Analog Switch Off (ASO), yakni peralihan dari siaran TV analog ke siaran TV digital. Kegiatan yang dimulai sejak akhir April 2022 itu, akan berakhir pada 2 November 2022 mendatang.

Di Sumatra Barat, ada 570 Kepala Keluarga (KK) masyarakat kurang mampu yang sudah memperoleh bantuan Set Top Box (STB) secara gratis dari Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). STB tersebut didistribusikan dan dipasang langsung oleh petugas dari PT Pos Indonesia di masing-masing rumah warga yang tercatat dalam data penerima dana Bansos Kemensos RI. 

Baca Juga: Mutasi Polri Kembali Bergulir, Kabid Humas Polda Sumbar dan Beberapa Kapolres Berganti

“Dengan adanya STB gratis ini, masyarakat tidak perlu lagi membeli TV baru untuk mendapatkan tayangan televisi digital. Mereka bisa menonton televisi dengan bersih, jernih dan canggih tanpa perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk berlangganan berbagai chanel TV,” kata senator wanita yang selalu terlihat segar dalam setiap penampilannya ini, akhir pekan kemarin. 

Menurut Emma Yohanna, ada beberapa alasan kenapa siaran analog diganti ke digital. Yakni, peralihan ini merupakan tindak lanjut dari UU Cipta Kerja dan upaya pemerintah mengatur kembali frekuensi radio yang semula digunakan untuk TV. Peralihan dari analog ke digital membuat frekuensi yang tersisa dapat membuat kecepatan internet kita menjadi lebih tinggi

Melihat suksesnya penyaluran STB tahap I di Sumbar, Emma berharap hal serupa juga akan berlanjut di tahap II dan III pelaksanaan ASO 2022. Dengan demikian, kelak semua warga bisa mendapatkan siaran televisi yang lebih jernih dan berkualitas, meskipun dari TV analog. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

X