Bupati Pesisir Selatan Ungkap Strategi Soal Ekonomi Nelayan ke Komite II DPD-RI

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:55 WIB
Bupati Pesisir Selatan Ungkap Strategi Soal Ekonomi Nelayan ke Komite II DPD-RI
Bupati Pesisir Selatan Ungkap Strategi Soal Ekonomi Nelayan ke Komite II DPD-RI

 

HARIAN HALUAN - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Anwar mengatakan pemerintah kabupaten mulai menarik masyarakat nelayan untuk masuk ke sektor pariwisata, mengingat peluangnya yang besar di masa datang.

Menurut bupati sebagian besar nelayan di daerah itu masih melaut secara tradisional, sehingga tidak mampu bersaing dengan kapal canggih kelompok pemodal. Apalagi saat ini marak terjadi pencurian ikan akibat ditariknya kewenangan kelautan dari kabupaten ke provinsi.

"Namun upaya menarik nelayan ke sektor pariwisata itu kini masih belum maksimal, karena sulit menyesuaikan," ungkap bupati di depan Komite II DPD-RI dalam kunjungan kerjanya ke Painan.

Kunjungan dihadiri Wakil Ketua I Komite II DPD RI Abdullah Puteh, Wakil Ketua II Bustami Zainudin, Muhammad Gazali, Dharma Setiawan, Denty Eka Widi Pratiwi dan anggota Komite II DPD RI lainnya.

Direktur Pembenihan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Nono Hartanto, Koordinator Bidang Keasdepan Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Sutrisno dan Direktur PT Perikanan Indonesia Fajar Widisasono.

Baca Juga: Bank Nagari Cabang Painan Edukasi Siswa Tentang Perbankan

Selain itu juga hadir Sekda Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, Asisten II Yozki Wandri, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Firdaus, Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Mimi Riarty Zainul dan Kepala Bagian Humas Vorzil.

Bupati melanjutkan kendala sulitnya peralihan itu juga sejalan dengan belum tergarapnya pariwisata daerah secara optimal, sehingga belum ekonomis untuk dijadikan sebagai tumpuan perekonomian keluarga.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

X