20 Persen Dana Desa Nagari Campago Pariaman Dialokasikan untuk Ketahanan Pangan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 04:50 WIB
Kondisi saluran irigasi yang mengalami kerusakan di Bukik Gonggang, Nagari Campago Kec.V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman.
Kondisi saluran irigasi yang mengalami kerusakan di Bukik Gonggang, Nagari Campago Kec.V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman.

HARIAN HALUAN - Dua puluh persen dana desa di Nagari Campago Kec.V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022, ditujukan untuk ketahanan pangan di Nagari setempat.

Kerahanan pangan yang akan dilakukan itu dalam bentuk rehab irigasi yang rusak, pengadaan bibit padi dan jagung buat petani yang ada kelompok tani.

Wali Nagari Campago, Zulhadi didampingi  Kasi Kesra, Sabri, kepada harianhaluan.com, di Kantor Wali Nagari Campago, Rabu (22/6-2022), bahwa  kegiatan tersebut sesuai dengan anjuran pemerintah.

Dan sebelum pelaksanaan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada petani yang ada di kelompok tani rencananya Kamis besok (23/6-2022) di kantor nagari.

Baca Juga: Forum Kota Sehat Pariaman Gelar Aksi Khitanan Massal untuk Anak Kurang Mampu

Item - item kegiatan yang menjadi topik pemanfaatan 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan tersebut, sesuai pula dengan potensi nagari.

Di Nagari Campago, pertanian padi sawah oleh masyarakat, masih mendominasi jadi kalau irigasinya bermasalah tentu bisa kalang kabut.

Memang sesuai waktu berjalan ada saluran irigasi yang perlu perbaikan  karena  mengalami kerusakan.

Contohnya, saluran irigasi di Korong Bukik Gonggang, Korong Kampung Tanjung dan Korong Bukik Caliak, umumnya pada  dinding saluran, ada  yang roboh, retak akibat kelebihan debit air karena curah hujan yang tinggi.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

X