Bakal Kunjungi Ukraina, Pasmpamres Sudah Siapkan Strategi Ini untuk Lindungi Nyawa Jokowi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:53 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

HARIAN HALUAN - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan segera berkunjug ke Kiev, Ukraina pada akhir Juni. Terkait kunjungan di negara yang tengah berkonflik itu, sejumlah persiapan sudah dilakukan tim pengamanan Presiden agar melindungi nyawa Jokowi.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, persiapan itu telah mulai dilakukan Paspampres selama beberapa minggu lalu.

Paspampres yang akan melindungi Jokowi  juga telah dibekali latihan khusus untuk tetap siaga.

"Sudah mulai latihan, sampai hari ini sudah selesai kita latihan terkait dengan bagaimana kira kira kegiatan ataupun kejadian apa yang harus kita antisipasi kita sudah latihan. Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di Stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, mengescape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," kata Budi kepada awak media, Kamis 23 Juni 2022.

Baca Juga: Dipanggil Polda Terkait Unggahan Jokowi dengan Tubuh Badarawuhi, Ini Langkah BEM KM Unand

Budi juga menyebutkan, personel Paspampres telah menyiapkan tim penyelamat di kondisi tertentu.

"Tapi untuk main groupnya kita sendiri tetap penyelamatan dengan mengcover beliau secara langsung. Nanti kalau seandainya matan (tim penyelamatan) punya tugas masing-masing. Itu juga sudah kita siapkan, matan 10, main groupnya sendiri itu ada 19, kemudian advancenya 10 nanti yang akan berada di sana, memang kita sudah bagi," terang Budi

Sejumlah perlengkapan juga disiapkan untuk pasukan saat menjaga Jokowi selama di Kiev, salah satunya adalah rompi antipeluru dan juga helm.

"Kita sudah siapkan helm rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kegiatan di sana kita juga sudah siapkan semuanya," ujarnya. (*)

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X