Menengok Kondisi Proyek Rumah Murah Pemerintah yang Diresmikan Jokowi, Terjual Habis Namun Banyak Kosong

- Kamis, 23 Juni 2022 | 16:09 WIB
Rumah Murah Cikarang yang Diresmikan Presiden Jokowi Tahun 2017
Rumah Murah Cikarang yang Diresmikan Presiden Jokowi Tahun 2017

Jakarta, HarianHaluan.com – Perumahan Villa Kencana Cikarang merupakan salah satu proyek rumah murah yang disediakan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Lokasinya berada di Jalan Raya Pulo Sirih No. 84, Sukajadi, Sukakarya, Kabupaten Bekasi. Perumahan subsidi itu telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun 2017 yang lalu

Lantas, bagaimana kondisinya saat ini?

Baca Juga: Ini Masyarakat yang Wajib Dapat Rumah Murah

Dikutip dari laporan Detik.com yang melakukan penelusuran langsung perumahan yang dikenal sebagai rumah murah Jokowi tersebut tampak sudah ramai dihuni.

Akses jalan utama masuknya cukup lebar. Terlihat di sekitar jalan juga banyak para penjual dan beberapa gerai retail di sana

Terkait hal ini, salah satu petugas marketing Villa Kencana Cikarang memberi kesaksian  bahwa, sejatinya seluruh rumah subsidi itu saat ini telah habis terjual.

"Rumah subsidi udah abis kejual semuanya. Udah nggak ada rumah subsidi. Udah dari 2018 kalau nggak salah. Rumah tahap 1 tahap 2 juga udah abis, " ungkap pihak marketing tersebut kepada detikcom, di kantor pemasaran perumahan itu Kamis (23/6/2022).

Akan tetapi, ketika ditelusuri lebih dalam ke area perumahan ternyata masih banyak rumah yang terlihat kosong tak berpenghuni di beberapa titik. Di Blok H misalnya, banyak rumah yang kondisinya sudah rusak dan tak terurus, bahkan ada juga yang tertutup tanaman liar.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan rumah murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Datangi Rakernas PDIP, Presiden Jokowi Duduk Bareng Megawati dan Prananda Prabowo

Harga rumah ini berkisar antara Rp 112 juta - Rp 141 juta per unit dengan uang muka (down payment/DP) sebesar satu persen.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X