Inovasi KKP di Sumatera Barat Dongkrak Populasi Penyu

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:13 WIB
Inovasi KKP di Sumatera Barat Dongkrak Populasi Penyu
Inovasi KKP di Sumatera Barat Dongkrak Populasi Penyu

HARIAN HALUAN – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil meningkatkan jumlah populasi penyu di Ampiang Parak, Sumatera Barat melalui Program Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK). 

Program yang diusung KKP melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut ini bahkan masuk sebagai 99 finalis Top Inovasi dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tingkat nasional Tahun 2022.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menerangkan, dari sisi lingkungan terdapat peningkatan jumlah pendaratan telur penyu dari 319 butir di tahun 2016 menjadi 1.790 butir di tahun 2020 melalui program KOMPAK. 

Baca Juga: Menteri Trenggono Genjot Ekspor Produk Perikanan ke Tiongkok

Sementara dari sisi ekonomi, Kawasan Ampiang Parak tumbuh menjadi destinasi wisata dengan jumlah kunjungan rata-rata 1.000-1.500 orang/bulan dan saat musim puncak liburan (peak season) mencapai 50.000 orang/bulan. 

“Melalui stimulan yang diberikan lewat program KOMPAK, pendapatan kelompok meningkat dari Rp6.200.000,- pada 2016 menjadi Rp211.920.000,- di tahun 2019. Sedangkan dari sisi sosial, program ini mampu mengubah perilaku masyarakat dari hunter (pemburu) telur penyu menjadi penjaga (ranger), terang Menteri Trenggono saat penilaian wawancara sebagai finalis Top Inovasi Pelayanan Publik dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 pada Jumat 24 Juni 2022.

LPPL Ampiang Parak merupakan kelompok masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada konservasi khususnya perlindungan dan pelestarian pesisir dan perlindungan jenis (Penyu) di Ampiang Parak, Kab Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 

Baca Juga: Genjot Produktivitas Kampung Reforma Agraria di Buleleng, Inilah Strategi Kementerian Kelautan dan Perikanan

Program KOMPAK yang diberikan oleh KKP dinilai memberikan dampak positif terhadap lingkungan, sosial bahkan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X