Disdikbud Pesisir Selatan Komitmen Penggunaan BOP PAUD Tepat Sasaran

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 


HARIAN HALUAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen penggunaan Bantuan Operasional P enyelenggara (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tepat sasaran. Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikbud Pessel, Iral Mafitri mengungkapkan, komitmen tersebut sesuai dengan teknis dalam penggunaan dana BOP yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.

Sedikitnya, pada tahun 2022 ini ada sekitar 334 unit lembaga PAUD yang menerima BOP tersebut. Penerimaan bahan lembaga PAUD sesuai dengan hasil verifikasi yang dilaporkan oleh masing-masing lembaga PAUD.

"Komitmen ini terus kita melaksanakan dan mengawasi penggunaan BOP PAUD sesuai peruntukannya," ungkap Iral Maifitri di Painan, Kamis (23/6).

Baca Juga: DisdukCapil Pesisir Selatan Mulai Terapkan Aplikasi SIAK Terpusat

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 tahun 2020, peruntukan BOP ditentukan penggunaan. Selama masa penetapan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19 dalam pasal 9A dijelaskan dalam beberapa ketentuan.

Ketentuan pertama dalam huruf A, peruntukannya adalah untuk pembelian pulsa atau paket data bagi pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah atau layanan pendidikan daring berbayar. Kemudian juga dapat digunakan untuk pembiayaan honor pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran dari rumah. Selain itu juga untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan, pembasmi kuman (disinfectant), masker, atau penunjang kebersihan lainnya.

Menurutnya, peruntukan ini sesuai dengan ketentuan yang telah tetapkan oleh kementerian.

"Sejauh ini pengawasan kami, seluruh PAUD masih tertib. Tapi, tahap selanjut kita tidak tahu juga, nanti kita lihat laporannya," terangnya. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

X