Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Nagari Tambang Pesisir Selatan Dinilai Tim Provinsi

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:49 WIB
Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Nagari Tambang Pesisir Selatan Dinilai Tim Provinsi
Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Nagari Tambang Pesisir Selatan Dinilai Tim Provinsi

 

HARIAN HALUAN - Pembangunan bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat terus dilakukan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Salah satu upaya strategi yang dilakukan saat ini adalah mendorong masyarakat agar mampu memelihara kesehatannya, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga (Toga) dan Akupressur atau pijat tradisional Indonesia.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, saat penilaian kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional terkait pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan keterampilan Akupressur di Nagari Tambang Kecamatan IV Jurai, Rabu (22/6).

Penilaian yang dilakukan oleh Tim Provinsi Sumbar yang dipimpin dr Vionaliza itu, juga dihadiri Ketua TP PKK Pessel, Yusneti Rusma Yul Anwar, Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni, Wali Nagari Tambang, Akbar Malik Mustafa, serta TP PKK Kecamatan IV Jurai, dan TP PKK Nagari Tambang.

"Upaya yang sudah dilakukan oleh Kelompok Asuhan Mandiri Melati Nagari Tambang dalam memanfaatkan Toga dan keterampilan Akupressur ini, pantas mendapatkan apresiasi dari pemerintah. Sebab pelayanan kesehatan tradisional asuhan mandiri dan Akupressur merupakan salah satu upaya dalam mengatasi masalah kesehatan secara mandiri sebagai pertolongan pertama," katanya.

Melalui pengobatan tradisional dengan memanfaatkan Toga dan keterampilan Akupressur itu, dia berharap masyarakat dapat merubah paradigma serta mampu menjaga dan memelihara kesehatannya secara mandiri.

Baca Juga: DisdukCapil Pesisir Selatan Mulai Terapkan Aplikasi SIAK Terpusat

"Salah satu caranya adalah dengan mengolah tanaman obat tradisional yang ada di lingkungan sendiri. Tentunya diracik dengan benar, dosis yang tepat, diminum secara teratur, disertai dengan layanan pijat tradisional atau Akupressur melalui kader PKK yang sudah terlatih," jelasnya.

Dia mengakui bahwa disaat orang berpikir, Kelompok Melati Nagari Tambang sudah berbuat.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

X