Rasakan Dampak Program Reforma Agraria KKP, Ini Kata Nelayan Desa Sumberklampok di Bali

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 21:42 WIB
Rasakan Dampak Program Reforma Agraria KKP, Ini Kaya Nelayan Desa Sumberklampok di Bali
Rasakan Dampak Program Reforma Agraria KKP, Ini Kaya Nelayan Desa Sumberklampok di Bali

HARIAN HALUAN - Masyarakat Desa Sumberklampok merasakan kemudahan dan manfaat program bantuan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dimana senyum sumringahnya terpancar dari raut wajah-wajah bahagia mereka.

Tiba di Desa Sumberklampok mata dimanjakan oleh pemandangan pantai dan gunung serta hamparan lahan yang hijau, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. 

Desa di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali ini adalah lahan pemukiman eks transmigran Timor Leste dan lahan eks hak guna usaha yang merupakan salah satu dari 16 lokasi Major Projects Pemberdayaan Reforma Agraria Prioritas pasca penyelesaian konflik. Lahan ini menjadi target program pemberdayaan bersama, termasuk oleh KKP.

Baca Juga: Pasarkan Produk ke Mancanegara, KKP Gerakkan UMKM Go Digital, Go Global

Sore itu, terlihat para nelayan di pinggir pantai yang indah sedang menarik jaring, salah satunya Bakri, nelayan dari Kelompok Usaha Bersama Bunga Indah, salah satu penerima bantuan dari KKP.

Menurut Bakri, masyarakat Sumberklampok bersyukur atas bantuan yang telah diberikan KKP, termasuk program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk peningkatan kesejahteraan dan msyarakat merasakan langsung dampak dan manfaatnya dari pemberian bantuan tersebut.

"Bantuan yang kami terima pelatihan rumput laut dan pembesaran udang lobster. Pelatihan tanggal 13 sampai 16 Juni. Teori dua hari, praktek di lapangan dua hari, lobster dan rumput laut. Manfaatnya tambah pengetahuan. Sebelum pelatihan, kami budidaya lobster hanya balik modal dan gagal panen, banyak matinya. Pernah juga budidaya rumput laut tapi terkendala pemasaran," ujar Bakri.

Baca Juga: Inovasi KKP di Sumatera Barat Dongkrak Populasi Penyu

Tak hanya bantuan pelatihan, masyarakat Sumberklampok juga mendapat bantuan penyuluhan berupa pembinaan dan pendampingan bagi masyarakat pelaku usaha kelautan dan perikanan dari penyuluh KKP. Bakri mengatakan, masyarakat di daerahnya sangat terbantu dengan kehadiran penyuluh perikanan.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X