Pacu Kuda Alek Anak Nagari Padang Panjang Batipuh X Koto Resmi Dibuka

- Minggu, 26 Juni 2022 | 12:17 WIB
Walikota Padang Panjang dan Niniak Mamak (Vesco Davian)
Walikota Padang Panjang dan Niniak Mamak (Vesco Davian)

HARIAN HALUAN - Gelaran Pacu Kuda Alek Anak Nagari Padang Panjang Batipuh X Koto Tahun 2022 resmi dibuka pada Minggu, 26 Juni 2022 di Gelanggang Olahraga Khatib Sulaiman, Kota Padang Panjang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Padang Panjang Fadly Amran bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemko), Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Fauzi Bahar, serta para ninik mamak.

Sekitar pukul 09.30 WIB, kedatangan para punggawa pemerintahan daerah dan petinggi adat tersebut disambut dengan silek (silat) galombang dan tari pasambahan, tak luput dengan suguhan sirih dalam carano.

Dilansir dari media sosial Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Padang Panjang, arak-arakan Pemko dan Niniak Mamak tersebut sudah berkumpul di Pendopo Rumah Dinas Walikota Padang Panjang sejak pukil 07.00 WIB.

Kemudian pada pukul 08.00 WIB, arak-arakan tersebut bergerak dari Pendopo Rumah Dinas Walikota menuju Gelanggang Pacu Kuda Bancah Laweh.

Pada upacara pembukaan yang terlaksana sekitar pukul 10.00 WIB, perwakilan Niniak Mamak, Datuak Pandak menyampaikan apresiasi atas kehadiran Pemko, Niniak Mamak, dan masyarakat dalam Alek Anak Nagari itu.

"Alek Pacuan Kuda merupakan suatu acara yang bertujuan sebagai hiburan bagu anak nagari, terakhir terlaksana pada 2019 lalu," ucap salah seorang petinggi adat tersebut.

Kegiatan tahunan itu tidak terlaksana pada 2 tahun belakangan karena pandemi Covid-19.

Sejalan dengan tujuannya sebagai alek anak nagari, pertunjukkan olahraga tersebut boleh dihadiri oleh seluruh masyarakat tanpa dipungut biaya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X