Ubah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair, Inovasi SMAK Padang Masuk Top 99 Inovasi Terbaik Nasional

- Minggu, 26 Juni 2022 | 19:38 WIB
Ubah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair, Inovasi SMAK Padang Masuk Top 99 Inovasi Terbaik Nasional
Ubah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair, Inovasi SMAK Padang Masuk Top 99 Inovasi Terbaik Nasional

HARIAN HALUAN - Pupuk organik cair dari darah sapi buatan SMK SMAK Padang yang dinamai POC Darsa Rupawan mendapat perhatian nasional dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) menilai inovasi ini layak masuk top 99 inovasi pelayanan publik. 

Banyak fakta terungkap terkait keunggulan inovasi tersebut dalam presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 yang berlangsung daring, Jumat 24 Juni 2022 kemarin, apalagi setelah para panelis yang merupakan tim penilai memberikan pertanyaan detil. 

Tim SMK SMAK Padang yang diwakili langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian Dody Widodo, didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia (BPSDMI) Kemenperin, Arus Gunawan, Kepala SMAK Padang, Nasir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Siti Aisyah, dan Inovator, Sylvi, membeberkan secara gamblang tentang POC Darsa Rupawan ini.

Baca Juga: 31 Dosen Politeknik Negeri Padang Miliki Sertifikasi Kompetensi

"POC Darsa Rupawan sudah dipatenkan dan direplikasikan beberapa rumah potong hewan (RPH) dan dari 10 RPH di Sumatera Barat, 4 sudah memproduksi pupuk cair ini," kata Dody menjawab pertanyaan tim penilai.

Ia menjelaskan bahwa penggunaan POC inovasi SMAK Padang, bukan saja menguntungkan petani tetapi juga akan menguntungkan nasional karena bisa memangkas subsidi pupuk dan pemanfaatan limbah dari Rumah Potong Hewan sangat baik untuk pelestarian lingkungan. 

"Menggunakan POC selain menguntungkan petani juga memangkas subsidi pupuk nasional," kata Dody sembari menjelaskan lebih lanjut hitung-hitungan biaya produksinya dengan luasan lahan serta hasil panen yang didapatkan.

Baca Juga: Buka Alek Nagari Pacu Kuda Pabasko, Walikota Padang Panjang: Tradisi yang Perlu Dilestarikan

Menurutnya, setelah sosialisasi lebih luas, POC bisa diproduksi lebih masif dan kerjasama dengan RPH seluruh Indonesia bisa dilakukan dengan dukungan Gubernur dan kepala daerah. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X