KKP Berharap Integrasi Ruang Laut dan Darat Jangan Sampai Marginalkan Masyarakat Pesisir

- Minggu, 26 Juni 2022 | 19:46 WIB
Integrasi Ruang Laut dan Darat Jangan Sampai Marginalkan Masyarakat Pesisir
Integrasi Ruang Laut dan Darat Jangan Sampai Marginalkan Masyarakat Pesisir

HARIAN HALUAN Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengimbau semua pihak mengutamakan kepentingan masyarakat pesisir selama proses pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Keberadaan aturan yang mengintegrasikan tata ruang laut dan darat jangan sampai memarginalkan masyarakat pesisir.

"Masyarakat yang tinggal di perairan pesisir tidak dapat dipisahkan ruang penghidupannya dari perairan pesisir itu sendiri. Oleh karena itu, tugas rencana tata ruang harus mampu menjaga dan melindungi mereka serta jangan ada kebijakan rencana tata ruang dalam jangka pendek maupun jangka panjang yang dapat memarginalkan mereka karena adanya perubahan pemanfaatan raung perairan pesisir, terlebih-lebih menjadikan ruang perairan pesisir itu sebagai rezim daratan yang diatur dengan ketentuan agraria," kata Direktur Perencanaan Ruang Laut Suharyanto dalam rapat evaluasi Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, belum lama ini.

Baca Juga: Rasakan Dampak Program Reforma Agraria KKP, Ini Kata Nelayan Desa Sumberklampok di Bali

Ia menjelaskan marginalisasi masyarakat di pesisir salah satunya bisa muncul akibat dilakukannya perubahan fungsi ruang dari kawasan tambak menjadi kawasan peruntukan kegiatan lain di dalam RTRW.

"Perubahan peruntukan fungsi ruang dalam RTRW menurutnya sah-sah saja asalkan dilandasi oleh hasil kajian ilmiah yang komprehensif dan kajian ilmiah dapat memastikan tidak adanya marginalisasi pemangku kepentingan dari kegiatan eksisting yang digusur," ujarnya.

Menurutnya, semua pihak harus memiliki komitmen yang kuat untuk mempertahankan fungsi laut khususnya di perairan pesisir agar selamanya tetap menjadi sumber penghidupan dan ruang penghidupan bagi mahluk hidup semuanya secara lestari.

Baca Juga: Pasarkan Produk ke Mancanegara, KKP Gerakkan UMKM Go Digital, Go Global

Suharyanto menambahkan bahwa tujuan utama dari integrasi tata ruang darat dan laut adalah agar terwujud keselarasan, keserasian, dan keseimbangan rencana pemanfaatan sumber daya dan pengembangan infrastruktur wilayah di ruang darat dan di ruang laut.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X