Targetkan Ribuan Pelanggan Nikmati Listrik 24 Jam, PLN Kebut Proyek Kelistrikan Kawasan Industri di Kalsel

- Minggu, 26 Juni 2022 | 20:09 WIB
PLN Kebut Proyek Kelistrikan untuk Kawasan Industri Sebuku di Kalsel
PLN Kebut Proyek Kelistrikan untuk Kawasan Industri Sebuku di Kalsel

HARIAN HALUAN - PLN bangun infrastruktur SUTT 150 kV Selaru – Sebuku untuk 1.981 pelanggan PLN di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Hal ini bertujuan agak pelanggan PLN di Pulau Sebuku akan dapat menikmati akses listrik selama 24 jam, dimana PT PLN (Persero) terus mendukung hilirisasi pertambangan tanah air untuk penguatan ekonomi Indonesia. 

Salah satu dukungan diberikan untuk pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) yang dikembangkan oleh perusahaan tambang bijih besi PT Sebuku Iron Lateritic Ores atau SILO. 

Baca Juga: PLN Dominasi Penghargaan K3, Gubernur Sumbar: K3 Adalah Investasi

Kerja sama dengan SILO yang dimulai sejak tahun 2021 tersebut akan menyiapkan kelistrikan 310 MVA bagi kawasan industri khusus di Kotabaru, Kalimantan Selatan

PLN secara khusus akan melakukan upaya percepatan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Selaru – Sebuku. Saat ini dengan pencapaian progres pembangunan pada 57,27%, diketahui tingkat komponen dalam negeri (TKDN) telah mencapai 79,29% persen.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) Josua Simanungkalit mengatakan untuk pemenuhan kebutuhan tenaga listrik Konsumen Tegangan Tinggi SILO saat ini membutuhkan daya listrik hingga 75 mega volt ampere (MVA). 

Baca Juga: Membanggakan, PLN Mobile Raih Penghargaan Marketeers Omni Brands of the Year 2022

"Kami telah membangun 111 tower yang membentang sepanjang 74,92 kilometer sirkuit (kms) dan saat ini kegiatan konstruksi yang dilakukan adalah pembangunan pondasi dan pendirian tower, dimana tantangan yang dihadapi untuk kegiatan konstruksi adalah pembangunan 6 tower yang berada di atas Selat Sebuku," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X