Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB

NEGARA Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa dan agama yang mempunyai bahasa, kebudayaan dan adat istiadat yang berbeda satu sama lainnya, dari keanekaragaman suku bangsa tersebut hanya beberapa suku bangsa saja yang jumlah populasinya banyak dan cukup dikenal.

 

PENULIS : Yogi Priyangga Saputra

 

Pada beberapa wilayah masih banyak ditemukan kelompok-kelompok suku yang kehidupannya masih jauh dari pengaruh luar atau yang biasa disebut suku tradisional. Tidak terkecuali di Propinsi Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang mana disana masih ditemukan suku tradisional yaitu Suku Mentawai.

Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau besar yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.
Sesuai keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia nomor: 07/HUK/KEP/11/1984, tentang pola dasar pembangunan bidang kesejahteraan sosial serta pemukiman dan strategi pembinaan masyarakat.

Peran penting dari pemerhati pendidikan terutama pihak swasta/sukarelawan dalam membangun pendidikan, seperti upaya yang telah dilakukan pemerintah di bidang pendidikan dengan mendirikan SD serta penataran guru-guru SD yang berada di Mentawai.

Ada juga yang mendirikan rumah-rumah sosial bagi penduduk Suku Menatawai seperti yang ada di Desa Madobag yang dilakukan oleh Dinas Sosial.

Disini penulis mencoba untuk menyentuh salah satu aspek kehidupan yang masih belum menjadi perhatian yaitu kearah aspek olahraga yang ditinjau dari aktivitas fisiknya.

Dalam kehidupan sehari-hari penduduk Suku Mentawai Pedalaman ini melakukan akitivitas yang berhubungan dengan alam untuk menyambung kehidupannya, seperti berburu, mengolah makanan, meramu obat, dan lain-lain. Penduduk Suku Mentawai Pedalaman memiliki kebiasaan berburu dan bertani.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Penulis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X