Nasabah Bank Nagari Diminta Waspadai Penipuan Lewat Social Engineering

- Senin, 27 Juni 2022 | 21:09 WIB
Humas Bank Nagari Intan Evannita Evandry
Humas Bank Nagari Intan Evannita Evandry

 

HARIAN HALUAN -- Nasabah Bank Nagari diminta untuk  berhati-hati terhadap berbagai upaya penipuan yang bakal merugikan nasabah tersebut. Sebab, saat ini banyak ditemui berbagai kejahatan perbankan, baik secara langsung ataupun penipuan data melalui social engineering.

Social engineering merupakan modus penipuan yang langsung kepada nasabah yang gagal bertransaksi di mesin ATM dan dibantu oleh oknum pelaku yang berada di sekitar mesin ATM tersebut yang sebelumnya telah melakukan tindakan pengrusakan pada mesin ATM pada bagian tempat memasukkan kartu ATM pada mesin ATM

"Sedangkan penipuan via data lebih ke phising dengan pemberian link palsu bank tersebut," kata Humas Bank Nagari Intan Evannita Evandry kepada Harianhaluan.com, Senin (27/6).

Modus dilakukan untuk mendapatkan data korban seperti PIN, Password atau akses yang diinginkan.

Oleh karena itu, sarannya agar masyarakat mengetahui tips untuk menghindari sosial engineering, salah satu mengabaikan telepon atau chat dari orang tak dikenal yang mengatasnamakan Bank Nagari.

Sebab, pihak call center Bank Nagari dengan nomor call center 150234  tidak pernah mengubungi nasabah melalui telepon atau chat.

"Tidak pernah ada call center yang akan menghubungi nasabah lewat telp atau chat, apalagi menanyakan informasi seperti PIN atau minta kode OTP," kata Intan.

Berikutnya nasabah Bank Nagari harus terus berhati-hati terhadap website dan media sosial palsu.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

Pemkab Agam Permudah Pengurusan Perizinan Usaha

Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:10 WIB
X