Kebijakan Ganti 22 Nama Jalan Tuai Kritik dari Warga, Berikut Penjelasan Anies Baswedan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 14:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Jakarta, HarianHaluan.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dampak dari perubahan nama jalan tidak akan membebani warga.

Lebih lanjut, meminta warga tak khawatir soal data kependudukan akibat perubahan 22 nama jalan di Ibu Kota. Anies memastikan pihaknya telah berkonsultasi dengan instansi terkait sebelum mengubah nama jalan.

"Semua prosesnya itu sudah melewati konsultasi dari instansi terkait. Dari BPN terkait pertanahan dan kepolisian terkait kendaraan bermotor dan kependudukan dan semua instansi lain," kata Anies kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Anies Baswedan Cabut Izin 12 Gerai Holywings Jakarta, Ini Alasannya

Terkait hal ini, mantan menteri pendidikan tersebut menjamin nama-nama jalan yang dulu masih berlaku di sistem data kependudukan

Nantinya, instansi-instansi terkait melakukan penyesuaian data dengan nama jalan baru saat warga memperbarui data kependudukan ataupun dokumen lain yang memuat alamat.

"Ketika ada kepengurusan langsung akan dilakukan penyesuaian namanya. Jadi insyaallah tidak akan membebani dan nama yang masih ada sekarang masih berlaku ketika melakukan pembaruan. Nanti bisa diganti atau mendatangi atau bisa diganti," ujarnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menilai upaya pengubahan nama ini telah melewati proses dan perencanaan yang matang.

Baca Juga: Sekjen PDIP Kritik Anies Undang Tukang Bakso: Kenapa Baru Sekarang?

"Ini termasuk ikhtiar kita untuk membuat jalan-jalan kita makin akurat, kenapa disebutkan bergelombang, karena ada pergantian jalan lain yang masih berproses," ujarnya.

"Kami tidak mau mengganti sebelum penyiapan antarinstansi selesai, yang tadi saya bilang, dan semua ada konsultasi wali kota dan warga sekitar," sambungnya.

Sebagai informasi, Anies  telah meresmikan perubahan 22 nama jalan di wilayah Jakarta. Nama-nama jalan itu diambil dari nama tokoh-tokoh Betawi.

"Alhamdulillah ini sudah dibahas bersama baik dengan pihak kepolisian. Karena mungkin masyarakat menanyakan nanti gimana STNK-nya, Pak? Gimana BPKB-nya? Sudah telanjur ketulis namanya, sudah dibahas dengan itu," kata Anies dalam upacara peresmian nama jalan tokoh Betawi di Kantor Unit Pengelola Perkampungan Budaya Betawi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (20/6).

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X