Salurkan Bantuan TJSL, PLTU Teluk Sirih Gelar Pelatihan Pengolahan Tanaman Produktif dan Hydroponik

- Rabu, 29 Juni 2022 | 17:31 WIB
Salurkan Bantuan TJSL, PLTU Teluk Sirih Gelar Pelatihan Pengolahan Tanaman Produktif dan Hydroponik
Salurkan Bantuan TJSL, PLTU Teluk Sirih Gelar Pelatihan Pengolahan Tanaman Produktif dan Hydroponik

HARIAN HALUAN - PT PLN (Persero) UPK Teluk Sirih salurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa pelatihan pengolahan tanaman produktif dan hydroponik kepada Kelompok Tani Koto Sepakat 2 di Kelurahan Teluk Kabung Tengah. 

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Manager UPK Teluk Sirih, Feri Setiawan Efendi dan mengatakan bantuan tersebut sesuai peraturan pemerintah dimana pihaknya berkewajiban untuk menyalurkan dana sosial dari perusahaan. 

"Selaku perusahaan negara yang berada di area Bungus Teluk Kabung kami berharap dengan pemberian bantuan pelatihan pengolahan tanaman produktif dan hydroponik ini dapat bermanfaat bagi Kelompok Tani Koto Sepakat 2 karena pada tahun sebelumnya kami sudah memberikan bantuan berupa penanaman tanaman hydroponik dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya.

Baca Juga: Targetkan Ribuan Pelanggan Nikmati Listrik 24 Jam, PLN Kebut Proyek Kelistrikan Kawasan Industri di Kalsel

Ia juga menjelaskan bahwa bantuan ini dapat dikembangkan lagi oleh masyarakat dan menjadi contoh untuk masyarakat lainnya sehingga dengan dana yang digelontorkan sebesar Rp 49,8 juta ini bantuan berupa pelatihan cara pengelolaan hydroponik mulai dari pengolahan hasil panen hingga menjadi beberapa produk yang dapat dipasarkan ke masyarakat ini bermanfaat.

"Bantuan juga berupa sarana prasarana perkebunan serta bibit tanaman hydroponik dan pelatihan ini sendiri diadakan di Kantor Lurah Teluk Kabung Tengah, dan diikuti oleh anggota dari Kelompok Tani Koto Sepakat 2," kata Feri Setiawan Efendi.

Lebih lanjut, Feri menambahkan bahwa budidaya hydroponik ini sangat menjanjikan bagi penerima manfaat karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi, dimana selain tanamannya lebih bersih dan segar, tanaman hydroponik juga mengandung gizi lebih tinggi karena tidak menggunakan pestisida. 

Baca Juga: Membanggakan, PLN Mobile Raih Penghargaan Marketeers Omni Brands of the Year 2022

"Selain itu proses pengerjaan hydroponik lebih santai daripada tanaman konvensional dan dapat tumbuh lebih cepat apabila dirawat dan dikelola dengan tepat sehingga dengan pemberian bantuan dan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan hydroponik sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lingkungan PLN UPK Teluk Sirih," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X