Mambangkik Batang Tarandam, Ir. Ifwan Diberi Gelar Datuak oleh Ninik Mamak se-Nagari Gadut Agam

- Kamis, 30 Juni 2022 | 14:44 WIB
Ir. Ifwan OO MM disematkan sebagai Datuak Maleka Suku Pili.
Ir. Ifwan OO MM disematkan sebagai Datuak Maleka Suku Pili.


HARIAN HALUAN -
Dalam rangka mambangkik batang tarandam, Ninik Mamak se-Nagari Gadut dan Tilatang Kamang menyematkan Ir. Ifwan OO MM sebagai Datuak Maleka Suku Pili.

Gelar ini diberikan kepada Ir. Ifwan dikarenakan gelar ini telah lama “tabanam” yakninya semenjak tahun 1935. Untuk itu, keputusan Ifwan menjadi Datuak merupakan hasil kesepakatan dari keluarga dan Pangka Tuo Suku Pili KAN (Kerapatan Adat Nagari) serta Ninik Mamak orang 10 Tilatang Kamang.

Baca Juga: Cegah Tanam Bibit Sawit di Lahan Sengketa , Masyarakat dan Ninik Mamak Kapa Pasaman Barat Datangi PT PHP I

Diketahui, Kegiatan ini digelar dari tanggal 26 Juni - 27 Juni 2022.  Berlangsung di Sawah Dangka, Gadut, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pemberian Gelar Datuak Maleka ini akan selalu terpakai di masa yang akan datang bagi anak-anak kemenakan suku Pili Sawah Dangka III Kampuang Gaduik, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Baca Juga: Nagari Kamang Hilia Kabupaten Agam Menjadi Percontohan Desa Antikorupsi 2022 oleh KPK

Pada penyematan gelar datuak ini, turut menjadi saksi Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi Ansharullah, Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, Syaifullah, Aparat Pemerintah Daerah, Kerapatan Adat Nagari (KAN), Aparat Nagari, Babinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat sekitar.

Termasuk Ninik Mamak se-Nagari Gadut dan Tilatang Kamang, dan kurang lebih 250 orang Datuak juga turut hadir. Para Bundo Manjapuik Datuak Maleka dengan iring-iringan pagelaran kesenian tradisional Randai dan Saluang.

Sementara itu, dalam prosesi pemberian gelar Datuak Maleka ini Gubernur Sumatera Barat H.Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa sebagai masyarakat yang berbudaya maka melestarikan adat sangat penting untuk diwariskan kepada anak cucu, khususnya sebagai identitas kita, orang minang.

Baca Juga: Dinsos Agam Gelar Seminar, Tokoh-tokoh Perang Kamang Kembali Diperkenalkan

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

X