Tidak Kunjung Diperbaiki Pemkab Lima Puluh Kota, Warga Situjuah Batua Perbaiki Sendiri Jalan Rusak Parah

- Jumat, 1 Juli 2022 | 12:54 WIB
Warga Jorong Lakuang Situjuah Batua Perbaiki Sendiri Jalan Rusak Parah
Warga Jorong Lakuang Situjuah Batua Perbaiki Sendiri Jalan Rusak Parah

HARIAN HALUAN - Jalan utama di Jorong Lakuang, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, rusak parah selama bertahun-tahun.

Walau sudah berulangkali diusulkan perbaikannya melalui Musrenbang, tapi tetap saja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Limapuluh Kota belum menetes untuk perbaikan jalan ke Jorong Lakuang. 

Padahal, di jorong ini terdapat Panti Jompo Jasa Ibu yang sering dikunjungi tamu dan masyarakat dari berbagai daerah.

Baca Juga: Masuk Lembah Harau Gratis, Ini Jamnya Kata Kadisparpora Lima Puluh Kota

Kondisi jalan utama di Jorong Lakuang yang rusak parah dan tidak kunjung diperbaiki pemda, tidak membuat warga setmpat menanam batang pisang atau melepas bibit ikan seperti satire yang banyak ditemukan di berbagai daerah. 

Sebaliknya, warga dan perantau Jorong Lakuang, dengan inisiatif mereka sendiri, justru bergotong-royong memperbaiki jalan yang rusak parah itu.

"Alhamdulillah, berkat swadaya masyarakat dan perantau Jorong Lakuang, termasuk berkat dukungan dari Niniak Mamak 24 (Niniak Mamak di Jorong Lakuang-red), serta dari Pemerintah Nagari Situjuahbatua, kini Jalan di Jorong Lakuang, sudah dapat diperbaiki, sepanjang lebih kurang 220 meter. Rencananya, perbaikan jalan ini akan kita lanjutkan lagi," kata Kepala Jorong Lakuang, Romel S Fernandes, Jumat 1 Juli 2022.

Baca Juga: Breaking News, Menpan RB Tjahjo Kumolo Hembuskan Napas Terakhir Siang ini di Jakarta

Romel yang baru dua bulan menjabat kepala jorong mengatakan proses perbaikan jalan di Jorong Lakuang, dilakukan warga dan perantau dengan swadaya murni. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Pemkab Agam Permudah Pengurusan Perizinan Usaha

Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:10 WIB
X