Kick Off Perbaikan Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban, Andre Rosiade: Bukti Kolaborasi Membangun Sumbar

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:02 WIB
Andre Rosiade menghadiri dan turut meresmikan kick off perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian dalam rangka mendukung pengoperasian kembali kereta api jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Sumbar, Jumat (1/7/2022).
Andre Rosiade menghadiri dan turut meresmikan kick off perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian dalam rangka mendukung pengoperasian kembali kereta api jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Sumbar, Jumat (1/7/2022).

HARIAN HALUAN - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menghadiri dan turut meresmikan kick off perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian dalam rangka mendukung pengoperasian kembali kereta api jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto, Sumbar, Jumat (1/7/2022). Ini adalah buah kunjungan Andre Rosiade bersama Bupati dan Wali Kota se-Sumbar Mei 2021 lalu. 

Untuk kembali mengaktifkan jalur kereta api legendaris itu, Kementerian BUMN tidak hanya menyandarkan kepada PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) semata. Tapi juga menggandeng PT Semen Indonesia Group (SIG), PT Pupuk Indonesia dan Biofarma. Kick off atau dimulainya pekerjaan kembali jalur ini dijadwalkan selama enam bulan atau sampai akhir tahun. 

Dirut PT KAI Didiek Hartantyo yang hadir dalam kick off mengakui, pekerjaan ini atas perintah Menteri BUMN Erick Thohir setelah bertemu dengan Andre Rosiade yang orang Sumbar bersama Bupati dan Wali Kota se-Sumbar di Jakarta. “Ide ini dilandasi aspirasi masyarakat Sumbar yang diawali kunjungan Wako dan Bupati se-Sumbar ke Jakarta yang dikawal pak Andre Rosiade,” kata Dirut. 

Setelah pertemuan itu, kata Didiek, direks PT KAI berkoordinasi dengan Menteri Erick yang khusus memanggilnya untuk memastikan pengoperasian kembali jalur kereta api yang awalnya beroperasi tahun 1912. “Semua BUMN mendukung hal ini dan ditandai dengan kerja sama KAI dengan Semen Indonesia, Pupuk Indonesia dan Biofarma,” kata Didiek pada acara yang juga dihadiri Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Barata, Ditektur Operasi Semen Indonesia Yosviandri, Direktur Utama Semen Padang Asri Muchtar dan lainnya.

Sebelumnya, sebutnya, dia bersama Pemko Sawahlunto telah melihat dan memastikan rencana pengaktifan kembali jalur ini. “Tujuannya jelas, untuk membangun pariwisata Sawahlunto dan Sumbar umumnya. Atas saran pak Erick disusunlah PMO dengan empat BUMN untuk memastikan inisiatif ini. Semoga didukung semua pihak dan dimudahkan Allah SWT,” katanya. 

Didiek mengatakan, sebenarnya pembangunan dan perbaikan prasarana sudah dimulai sebulan lalu, disusul saat ini sarana. “Akan diselesaikan secepatnya. Apa yang kita mulai Jumat berkah ini bisa terwujud. Merpati putih melintas hutan, terbang rendah hingga ke taman, Sawahlunto sangat menawan, alamnya indah penuh kenangan,” kata Dirut menutup dengan pantun.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Barata menyebutkan, BUMN harus profit atau beruntung, di sisi lain juga harus memberikan manfaat untuk masyarakat. “Pak Erick betul-betul fokus. Setelah pak Andre bertemu pak Menteri bersama Wako dan Bupati se-Sumbar menyampaikan aspirasi. Alhamdulillah, harapan-harapan itu dapat ditangkap pak Erick Thohir,” katanya.

Menurut Tedi, ini adalah salah satu yang pertama dikerjakan, serta ada beberapa proyek lain. “Ini langkah nyata Kementerian BUMN bersama BUMN meningkatkan pariwisata Sumbar. KAI tak bisa bekerja tanpa bantuan BUMN lain dan Pemda setempat. Begitu juga TNI dan Polri. Semua harus transparan agar proyek ini tuntas,” katanya. 

Mewakili Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Sekda Sawahlunto Ambun Kadri menyebutkan, jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban memiliki panjang 4 KM. Jalur yang merupakan warisan budaya dunia yang ada di Sumbar. “Alhamdulillah, bersama pak Andre Rosiade BUMN hadir mengoperasikan jalur itu kembali,” katanya.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Agam Permudah Pengurusan Perizinan Usaha

Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:10 WIB
X