46 Jemaah Haji Indonesia Dideportasi, Anggota Fraksi PKB Minta Kemenag Tingkatkan Edukasi Jamaah

- Selasa, 5 Juli 2022 | 15:50 WIB
Ilustrasi jamaah haji mengamalkan bacaan doa menjadi haji mabrur dan mabrurah
Ilustrasi jamaah haji mengamalkan bacaan doa menjadi haji mabrur dan mabrurah

Jakarta, HarianHaluan.com – Diberitakan, 46 calon jemaah haji (CJH) asal Indonesia yang terpaksa dipulangkan kembali lantaran praktek maladministrasi serta penggunaan travel tak berizin.

Kejadian ini pun lantas mendapat perhatian khusus dari Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq yang sedang berada di Arab Saudi.

Legislator asal Dapil Jawa Barat tersebut berharap kasus ini menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia yang ingin berhaji agar betul-betul menggunakan travel yang sesuai dengan aturan.

“Saya tentu sangat prihatin dengan kejadian 46 jemaah calon haji yang sudah sampai di Jeddah dan diusir kembali karena mereka tidak memenuhi syarat administratif," kata Kiai Maman kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Aduh! Akibat Jemur Handuk di Sprinkler, Kamar Hotel Jamaah Haji Banjir

KH Maman meminta Kementerian Agama terutama Ditjen PHU meningkatakan edukasi lagi lantaran maraknya kasus penipuan, termasuk membenahi penyalahgunaan izin oleh travel yang berulang kali terjadi.

Menurutnya, di Tanah Suci saat ini banyak sekali persoalan yang melibatkan jemaah asal Indonesia, baik mereka yang melalui jalur reguler atau lewat visa negara lain.

Kementerian Agama, tegas Kiai Maman, pun jangan hanya fokus mengurusi jemaah yang dikelolanya saja, namun juga mengurusi kepentingan warga negara Indonesia yang memiliki animo tinggi melakukan ibadah haji.

Baca Juga: Kisah Sukses Abah Damiri, Dulu Dapat Bantuan 1 Ekor Domba Kini Jadi Jutawan dan Bakal Naik Haji Sekeluarga

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Terkini

X