Kementerian Kominfo Ancam Blokir WhatsApp, Google Hingga Instagram dalam Waktu Dekat, Kenapa?

- Senin, 18 Juli 2022 | 11:01 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate

Jakarta, HarianHaluan.com – Belakangan ini masyarakat dikejutkan dengan kabar bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dikabarkan akan memblokir sejumlah platform medsos seperti WA, Google hingga Instagram.

Sebagai informasi, dikutip dari beberapa sumber, alasan Kominfo blokir WhatsApp dkk karena aplikasi tersebut belum terdaftar di PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik). Sedangkan batas waktu untuk mendaftar PSE Lingkup Privat yang diberikan Kominfo yakni tanggal 20 Juli 2022.

Oleh karena itu, perusahaan baik lokal maupun asing yang belum terdaftar PSE seperti Whatsapp, Google, Facebook, Instagram, hingga Netflix akan segera diblokir pada tanggal 21 Juli 2022.

Baca Juga: Beredar Kabar Pemerintah Akan Blokir Google, WhatsApp, Tiktok dll, Benarkah Demikian?

Seperti yang diketahui, sebelumnya Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan dalam aturan pendaftaran PSE Lingkup Privat ini pemerintah tidak melihat apakah perusahaan itu berasal dari dalam negeri ataupun dari mancanegara. Pasalnya, Kominfo memberlakukan hal sama, yaitu semua PSE diwajibkan untuk mendaftar ke negara.

"Seluruh penyelenggara sistem elektronik privat, PSE, baik swasta murni maupun yang badan usaha milik negara harus melakukan pendaftaran PSE untuk memenuhi persyaratan perundang-undangan kita paling lambat tanggal 20 Juli ini sudah harus ya melakukan pendaftaran," ujar Johnny kepada wartawan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (14/7), seperti dikutip dari detikcom.

"Pendaftaran mudah karena itu dilakukan melalui OSS atau online single submission, jadi tidak ada alasan hambatan administrasi," ucap Johnny kemudian

Lebih lanjut, politisi Nasdem tersebut mengungkap bahwa pendaftaran ini adalah wujud ketaatan pada aturan negara, di mana sektor digial diberikan kesempatan begitu luas.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Lakukan Tiga Tahap untuk Peralihan Siaran TV Analog ke Digital

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tanda Alam Akan Terjadinya Erupsi Gunung Api

Senin, 5 Desember 2022 | 19:45 WIB
X