Era Revolusi Industri 4.0, Agam Tingkatkan Literasi Digital Guru SMP

- Minggu, 24 Juli 2022 | 11:48 WIB
Bupati Agam, Andri Warman.
Bupati Agam, Andri Warman.

HARIANHALUAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Digital, MyEnglishStep.com untuk guru mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP se-Kabupaten Agam tanggal 23-26 Juni 2022 di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Agam H Dr Andri Warman, MM tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan Desimasi Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menjadi bahagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Agam Jadi Salah Satu dari 9 Daerah yang Lulus Seleksi Administrasi pada Lomba TTG

Tim PKM UNJ dipimpin oleh Prof Dr Ilza Mayuni, MA dengan anggota: Tara Mustikaning Palupi,M.Hum, Imas Wahyu Agustina, MPd., serta beberapa mahasiswa UNJ.

Menurut Bupati untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan e-learning 5.0 saat ini kompetensi Bahasa Inggris wajib dimiliki oleh semua pembelajar untuk mengikuti perkembangan dunia. Bahasa Inggris yang menjadi bahasa pengantar telah dijadikan sebagai bahasa umum di dunia pendidikan.

Baca Juga: Bunda PAUD Agam Hadiri Perayaan Hari Anak Nasional di Nagari Balai Gurah

“Sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk memberikan segala informasi dan edukasi dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik kepada siswa,” terangnya dikutip dari laman resmi agamkab.go.id, Minggu, 24 Juli 2022.

Bupati Agam juga menyatakan bahwa penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Agam untuk meningkatkan SDM. Bupati berharap agar Guru Bahasa Inggris dapat memaksimalkan keterlibatannya dalam pelatihan ini sekaligus mengimplementasikan keterampilan digital yang diperoleh dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Prof Dr Ilza Mayuni, MA dalam sambutannya menyampaikan Kurikulum Merdeka mempersyaratkan hadirnya guru dengan kompetensi yang mumpuni untuk memfasilitasi siswa dengan literasi abad-21.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: agamkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembangunan Sport Center Dimulai 10 Oktober 2022

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:06 WIB
X