Pemerintah Kabupaten Agam Gelar Lomba Pasambahan Adat Tingkat Umum di Festival Danau Maninjau

- Jumat, 29 Juli 2022 | 10:26 WIB
Lomba Pasambahan Adat tingkat umum se-Kabupaten Agam resmi dimulai (AMC News)
Lomba Pasambahan Adat tingkat umum se-Kabupaten Agam resmi dimulai (AMC News)

HARIAN HALUAN - Lomba Pasambahan Adat tingkat umum se-Kabupaten Agam resmi dimulai pada Kamis 28 Juli 2022. Lomba tersebut merupakan rangkaian Festival Danau Maninjau (FestDaMa) 2022.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), pelaksanaan lomba pasambahan adat itu dipusatkan di objek wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Agam diwakili Kadisdikbud,Drs. Isra, M.Pd Dt. Bandaro.

Drs. Isra, M.Pd dalam hantarannya mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam tengah fokus melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau. Perlombaan yang digelar pada FestDaMa 2022 merupakan salah satunya.

Baca Juga: Kunjungi TKN Melati, Bunda PAUD Kabupaten Agam Berbagi Keceriaan

“Saat ini Pemkab Agam komit melakukan berbagai program kegiatan adat dan budaya seperti melalui pembinaan, perlombaan, pagelaran dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan, melalui kegiatan perlombaan yang diselenggarakan, pihaknya berharap pemahaman peserta dan masyarakat bisa meningkat. Menurutnya, makna “alua” pasambahan serta filosofi dalam adat Minangkabau harus dapat dipahami secara saksama.

“Kami juga berharap seluruh pembina dan pelatih sambah agar terus berkarya, membina, menurunkan keterampilan pasambahan adat kepada anak cucu dan kemenakan, agar pelestarian adat budaya Minangkabau bisa terus berkembang di Kabupaten Agam,” tuturnya.

Baca Juga: Bupati Agam: Niniak Mamak Menjadi Ujung Tombak Dalam Penyelesaian Persoalan Tanah Ulayat

Sementara itu, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Agam, Junaidi Dt Gampo Alam Nan Hitam mengatakan saat ini generasi muda memiliki kemauan besar untuk belajar pasambahan adat.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

5 Tanda Alam Akan Terjadinya Erupsi Gunung Api

Senin, 5 Desember 2022 | 19:45 WIB
X