Upaya Pengentasan Kekerasan Terhadap Anak, DPRD Solok Selatan Bahas Ranperda KLA

- Jumat, 29 Juli 2022 | 12:10 WIB
Ilustrasi kekerasan terhadap anak
Ilustrasi kekerasan terhadap anak

HARIAN HALUAN - Sebagai bentuk sinergi antara lembaga eksekutif dan legislatif dalam upaya pengentasan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Layak Anak (KLA) dalam proses pembahasan di DPRD setempat.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Solsel telah menyampaikan nota pengantar Ranperda penyelenggaraan KLA ke lembaga legislatif di daerah ini untuk dibahas menjadi Peraturan Daerah (Daerah) sehingga tujuan dalam menciptakan generasi muda dengan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas tinggi dimassa akan datang tercapai.

"Saat ini Ranperda KLA masih berjalan dan dalam proses pembahasan di DPRD Solsel," ucap Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda ditemui HarianHaluan.com, Jumat, 29 Juli 2022.

Baca Juga: Di Solok Selatan! Ombudsman dan BPKP Berikan Pendampingan Tata Kelola Pelayanan Publik 

Zigo menyatakan bahwa salah satu bahan diskusi anggota DPRD Solsel adalah terkait pengentasan kekerasan terhadap anak

"Kita akan dorong dalam waktu berjalan. Namun, tentu kami juga melihat batang tubuh Perda ini karena induknya melihat ke aturan yang lebih tinggi dan tidak tertutup kemungkinan konsen ke kekerasan terhadap anak," ujarnya.

Selain itu, Zigo berpandangan bahwa Ranperda KLA upaya dalam pemenuhan hak anak, terutama terkait fasilitas di gedung-gedung pemerintah.

Baca Juga: Kehadiran BNN Kabupaten Solok Selatan Diharapkan, 78 gram Barang Bukti Sabu Dimusnahkan

"Ada faktor-faktor pendukung atau fasilitas tempat penitipan anak dan lainnya. Atau ada masyarakat yang ingin berurusan ke OPD dan mendapatkan kemudahan terhadap anaknya," katanya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X