Menkopolhukam Mahfud MD Sebut Hasil Autopsi Brigadir J Boleh Dibuka ke Publik

- Jumat, 29 Juli 2022 | 14:47 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD

Jakarta, HarianHaluan.com – Menkopolhukam Mahfud MD mengungkap bahwa hasil autopsi ulang terhadap Brigadir J dapat dibuka ke publik apabila diperlukan.

"Satu, hasil autopsi ini dibuka kalau pengadilan minta. Boleh disiarkan ke publik apalagi ini menjadi perhatian umum kalau itu diperlukan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (29/7).

Lebih lanjut, mantan Ketua MK tersebut menyatakan bahwa tidak ada aturan hukum yang melarang apabila hasil autopsi tersebut dibuka ke publik.

Baca Juga: Komnas HAM Sebut Brigadir J Masih Hidup Saat Tiba di Rumah Irjen Ferdy Sambo

"Kapolri sudah mengumumkan itu akan dibuka. Oleh sebab itu jangan dibalik-balik, lalu dibilang tidak boleh dibuka ke publik. Boleh," sambungnya.

Terkait proses autopsi ulang Brgadir J, sebelumnya Mabes Polri telah mengonfirmasi bahwa dokter Ade Firmansyah Sugiharto dari RSCM akan memimpin proses penggalian kubur dan autopsy ulang jenazah Brigadir J.

“Dokter Ade Firmansyah Sugiharto sebagai ketua tim kedokteran forensik yang melakukan ekshumasi dan autopsi," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Jambi, Rabu (27/7)

Dalam kesempatan yang sama, Dedi menjelaskan selain bertugas sebagai Kepala Departemen Forensik di RSCM, yang bersangkutan juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

Baca Juga: Dipimpin Dokter Forensik RSCM, Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J Dimulai Hari Ini

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KKP Akan Gelar Semarak HUT RI ke-77 di Sumbar

Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:08 WIB

Bharada E Resmi Dapat Perlindungan dari LPSK

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:41 WIB
X