Terbukti Korupsi, Mantan Manajer KSPPS Koto Lua Pauh Divonis 1 Tahun Penjara

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:03 WIB
Mantan Manajer KSPPS Koto Lua Pauh Divonis 1 Tahun Penjara
Mantan Manajer KSPPS Koto Lua Pauh Divonis 1 Tahun Penjara

HARIAN HALUAN - Mantan manejer Koperasi Simpan Pinjaman Pembiayaan Syariah (KSPPS), Koto Lua Kecamatan Pauh yakinnya Eiyanda Omaria (40), divonis satu tahun oleh Majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Korupsi pada Pengadilan Negeri Kelas IA Padang.

"Menjatuhkan putusan kepada terdakwa selama satu tahun penjara. Denda 50 juta dan subsidi satu bulan penjara,"kata hakim ketua sidang Juandra didampingi hakim Dedy dan Hendri Jon,Jumat 5 Agustus 2022.

Tak sampai disana, majelis hakim juga menjatuhkan hukuman uang pengganti kepada terdakwa, berupa uang sebesar Rp134.006.602 dan subsider empat bulan.

Majelis hakim berpendapat, terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 3 Jo 18 undangan undang tindak pida korupsi.

Terhadap putusan tersebut, terdakwa yang didampingi Penasihat Hukum (PH) mengaku pikir-pikir. Begitu pula dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakninya Sandra oktarini dan suriati juga pikir-pikir.

Baca Juga: Makin Panas, Tasyi Bongkar Chat dari Ibu dan Tasya yang Berisi Ancaman

Sebelumnya, JPU pada Kejaksaan Negeri Padang menuntut terdakwa dengan hukuman pidana selama 1 tahun dan 9 bulan. Denda Rp50 juta dan subsidir empat bulan penjara. JPU juga mewajibkan terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp157.288.970 subsider satu tahun.

Dalam berita sebelumnya kasus ini berawal dari informasi masyarakat. Di tahun 2011, KSPPS Kelurahan Koto Lua Kecamatan Pauh Kota Padang, menerima modal berupa hibah sebesar Rp 300 juta yang bersumber dari APBD Kota Padang tahun 2011.

Selang waktu berjalan, tersangka melakukan tindakan pembiayaan fiktif selaku manager KSPPS sebesar Rp 324 juta, dengan menggunakan data KTP dan Kartu Keluarga (KK) masyarakat.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

X