Ketua dan Sekretaris BPD dari 55 Desa se-Kota Pariaman Diberi Bimtek Pengelolaan Keuangan

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Wali Kota Pariaman Genius bersama peserta Bimtek.
Wali Kota Pariaman Genius bersama peserta Bimtek.

HARIAN HALUAN - Ketua dan Sekretaris BPD dari 55 desa se-Kota Pariaman diberi Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pengawasan pengelolaan keuangan desa. Kegiatan diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kota Pariaman itu dibuka Wali Kota Pariaman Genius Umar di aula RM. Sambalado, Sabtu (6/8-2022).

Bimtek menghadirkan nara sumber dari Kementerian Desa dan unsur terkait.

Peran BPD dalam penyusunan dan pengawasan keuangan desa bersama kepala desa dan aparaturnya penting, sebagaimana amanat  Permendagri Nomor 73 tahun 2020 tentang pengawasan pengelolaan keuangan desa.

Dikatakan Wali kota, seiring meningkatnya anggaran desa, kapasitas BPD juga harus ditingkatkan, ini untuk memperkuat fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Baca Juga: Diduga Depresi, Seorang Pemuda Mengamuk di Pelataran Jam Gadang

Tentang tuangan visi misi Kota Pariaman dalam RPJPMD, BPD juga harus tahu, karena merupakan langkah singkronisasi program dari Pemerintah Kota Pariaman hingga ke tingkat desa, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Dengan pelaksanaan Bimtek diharapkan, BPD makin mampu mengawasi dan mengawal jalannya pembangunan di desa secara transparansi, akuntabilitas, tertib dan disiplin anggaran. (*)

 

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

X