Dua Siswa Pesisir Selatan Jadi Wakil Sumbar untuk O2SN di Jakarta

- Senin, 8 Agustus 2022 | 19:50 WIB
Kepala Bidang SMP Sudirman
Kepala Bidang SMP Sudirman

 

HARIAN HALUAN - Dua orang Siswa dari Kabupaten Pesisir Selatan, mewakili Provinsi Sumatera pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang karate di Balai Pengembaangan Talenta Indonesia Kemendikbud di Jakarta.

Kedua siswa itu, Sukri Yandi Alfais dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Painan, dan Gilang Aldiansyah dari Sekolah Dasar (SD) Negeri 14 Laban Kecamatan IV Jurai.

"Kedua siswa ini akan mewakili Sumatera Barat nantinya di kategori yang sama cabang karate kata perorangan di Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbud di Jakarta," kata Kepala Bidang SMP Sudirman, Senin (8/8).

Sudirman melanjutkan bahwa pihaknya bakal terus menggali potensi peserta didik di daerah itu sesuai minat dan bakatnya yang tidak hanya pada bidang pendidikan semata, namun juga keahlian lainnya seperti olahraga, kesenian maupun dalam bidang keagamaan.

Baca Juga: Membanggakan! Lima Siswa Madrasah Lingkup Kemenag Pesisir Selatan Ikuti Jambore Nasional

"Sebab setiap orang memiliki potensi masing-masing yang berbeda sesuai kodratnya. Jadi tidak mesti bidang sains saja bisa jadi olahraga, seni dan budaya atau kemampuan lainnya,"ujarnya.

Dikatakan penggalian potensi itu guna mewujudkan sumber daya manusia Pesisir Selatan yang berdaya saing dan berprestasi, baik skala nasional maupun internasional.

Hal itu juga sejalan dengan transformasi kepemimpinan dalam pembelajaran yang dikemas dalam kurikulum merdeka belajar. Guru tidak lagi memaksakan peserta didik harus mengerti dengan pelajaran tertentu.

Namun lebih pada memberi pendampingan pada siswa untuk menggali dan sekaligus mengembangkan potensinya sesuai minat bakat yang mereka miliki, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB
X