Bertemu Mahyeldi, Ridwan Kamil Tawarkan Festival Bazar Jabar dan Sumbar

- Senin, 8 Agustus 2022 | 18:26 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai Penandatanganan Kesepakatan Bersama Tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik serta Perjanjian Kerjasama Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Perjanjian Kerjasama Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil antara Pemerintah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai Penandatanganan Kesepakatan Bersama Tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik serta Perjanjian Kerjasama Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Perjanjian Kerjasama Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil antara Pemerintah

HARIANHALUAN - Kalau di luar negeri sebelumnya sudah banyak Festival Eropa, Australia, India, dan lainnya, namun karena terdapat guncangan efek perdagangan industri global, pandemi covid-19 hal tersebut sangat terdampak. Saya ingin perdagangan kedepan yang dimajukan adalah perdagangan antar provinsi Festival Bazar Jawa Barat dan Sumatera Barat. Bukan lagi ekspor ke luar negeri karena kerja sama perdagangan antar provinsi selama ini terasa sangat kurang, hanya bussiness to bussiness saja.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutan acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik serta Perjanjian Kerjasama Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Perjanjian Kerjasama Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Jawa Barat, di Auditorium Gubernur Sumbar, Minggu malam, 7 Agustus 2022.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Lebih lanjutkan Gubernur Jawa Barat, yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, masyarakat harus berdagang sesama masyarakat. Banyak potensi UMKM yang dibisa perdagangkan ataupun hanya saling tukar pengetahuan.

"Saya tidak tahu apa yang dibutuhkan Sumbar padahal kami punya, atau sebaliknya mungkin Sumbar tidak hafal apa yang Jabar butuhkan. Kita bisa saling tukar informasi dulu, baru dieksekusi tindaklanjutnya," ujarnya.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa kunci dari kerja sama adalah informasi. Dia berharap kedua provinsi ini saling memberikan informasi apa yang dibutuhkan dari sektor pariwisata dan UMKM yang bisa dikembangkan di masing-masing wilayah.

Baca Juga: Gubernur Sumbar: Jadikan HUT Kota Padang ke-353 Momentum Lestarikan Budaya

"Harapan saya ke depannya ada evaluasi lagi hal-hal apa saja yang dibutuhkan dan bisa dikolaborasikan antar kedua provinsi ini,” paparnya.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terima kasih atas kesepakatan yang terjalin antar Pemprov Sumbar dan Pemprov Jabar.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB
X