Menuju Go Internasional, Mendag Zulhas Minta UMKM Daerah 'Duet' dengan Pusat

- Senin, 8 Agustus 2022 | 19:46 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka secara resmi acara APEKSI Ke-XV Tahun 2022.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka secara resmi acara APEKSI Ke-XV Tahun 2022.

HARIANHALUAN - Sejumlah 96 Walikota se-Indonesia hadir di Kota Padang dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Ke-XV Tahun 2022. Acara dilaksanakan mulai dari tanggal 7 hingga 10 Agustus 2022.

APEKSI Ke-XV Tahun 2022 bertema "Kota Kita Bangkit: Yang Maju Yang Bersinergi", juga dihadiri beberapa menteri, di antaranya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Tohir di Hotel Truntum Padang, Senin, 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Gelar Welcome Dinner, Wako Hendri Septa: Selamat Datang Peserta Rakernas APEKSI XV di Padang

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka secara resmi acara APEKSI Ke-XV Tahun 2022. Dalam sambutannya Zulkifli Hasan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dibutuhkan kolaborasi dengan daerah, selanjutnya pusat dorong UMKM untuk Go Internasional.

"Kolaborasi perdagangan UMKM antara pemerintah kota dengan pemerintahan pusat harus terjalin erat, untuk menumbuhkan perekonomian agar sejahteranya rakyat Indonesia," kata Hasan.

Baca Juga: Rakernas APEKSI XV di Padang, Mendag dan Gubernur Apresiasi Kinerja Panitia

Sesuai arahan Presiden RI kepada Kemendag, terus mendorong pelaku UKM memasuki pasar ekspor. Diperlukan kolaborasi antara Kemendag, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, guna mendukung para pelaku UKM memasuki pasar internasional.

"Salah satunya bersama-sama menstabilkan harga bahan pokok, mendorong produksi dan distribusi berjalan lancar yang semua ini kewenangannya ada di Walikota," terangnya

Mendag mengatakan, ada sejumlah hal yang diperlukan untuk mendorong UKM eksportir, antara lain identifikasi produk-produk UKM yang akan diangkat ke pasar internasional, konsistensi kualitas produk yang dihasilkan pelaku UKM, kemudahan perizinan, serta informasi mengenai pasar potensial yang akan dituju.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB
X