ICE ke-18 Rakernas APEKSI XV Sajikan Produk Unggulan Kota se-Indonesia

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:04 WIB
Gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-18 (Dv/Prokopim Pdg)
Gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-18 (Dv/Prokopim Pdg)


HARIANHALUAN.COM - Gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-18 yang menghadirkan beragam produk unggulan berbagai kota di Nusantara semakin melengkapi perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV selama 7-10 Agustus 2022 di Kota Padang.

Kegiatan yang dipusatkan di RTH Imam Bonjol itu dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya, Senin (8/8/2022) siang.

Ribuan pengunjung terdiri dari Wali Kota se-Indonesia bersama rombongan pun terlihat membanjiri stand masing-masing daerah.

Baca Juga: Angkat Potensi Fesyen Daerah, Genny Hendri Septa Hadirkan Batik dan Songket di Ladies Program Apeksi

Tiap daerah membawa produk unggulan dan hasil UMKM masing-masing daerah. Ada yang berupa makanan, perhiasan, pakaian, dan berbagai produk menarik lainnya.

"Uni-unik semuanya. Saya berasa keliling Indonesia. Semua ada di sini, asli dari berbagai wilayah di Indonesia. Tak perlu jauh-jauh ke beragam pulau, cukup datang ke acara ICE ini saja," tutur Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat Bima Arya di kesempatan itu.

Seperti diketahui, dalam acara ICE ke-18 rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XV menyajikan sebanyak 100 stand dari sebanyak 66 kota di Indonesia.

Baca Juga: Rakernas APEKSI XV di Padang, Mendag dan Gubernur Apresiasi Kinerja Panitia

"Alhamdulillah selama empat sampai lima hari perhelatan Rakernas APEKSI ini perputaran uang di Padang ditaksir minimal mencapai Rp40 milyar, bahkan bisa lebih dari itu. Karena ada 5.000 lebih orang yang hadir dari 98 kota. Untuk akomodasi penginapan/hotel saja diperkirakan perputaran uangnya mencapai Rp30 juta. Dan bagi yang belanja produk UMKM diperkirakan sebesar Rp10 milyar," sebutnya.

Wali Kota Bogor itu meyakini dampak ekonomi pada penyelenggaraan Rakernas APEKSI tidak hanya bagi tuan rumah, tapi juga bagi seluruh kota se-Indonesia.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Prokopim Pdg

Tags

Terkini

X