Padang Panjang Ikuti Festival Pawai Kebudayaan Rakernas XV Apeksi

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Padang Panjang Ikuti Festival Pawai Kebudayaan Rakernas XV Apeksi
Padang Panjang Ikuti Festival Pawai Kebudayaan Rakernas XV Apeksi

 

HARIAN HALUAN -- Di hadapan wali kota se-Indonesia, Kota Padang Panjang Ikut berpartisipasi dalam Festival Pawai Kebudayaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Pantai Danau Cimpago, Padang, Selasa (10/8) malam.

Hadir bersama Perguruan Diniyyah Puteri pondok pesantren perempuan ternama dari Kota Padang Panjang, kontingen tampil dengan memperagakan berbagai jenis Baju Kuruang Basiba dan Lilik yang diproduksi oleh "Sabiekah".

Sebagai daerah yang memiliki Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Padang Panjang juga menampilkan koleksi baju daerah yang dimilikinya. Selain itu turut ditampilkan atraksi Silek Lanyah oleh pegiat Desa Wisata Kubu Gadang.

Baca Juga: Tantangan Buat Milenial, Forkraf Gelar Lomba Randang Kreatif

Festival Pawai Kebudayaan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang mewakili wali kota. Juga didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Alvi Sena, M.T.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata yang sudah menurunkan kontingen dalam Pawai Kebudayaan Apeksi ini. Dengan menampilkan Baju Kurung Basiba ini, memperlihatkan juga kita sebagai Kota Serambi Mekkah. Dan juga Silek Lanyah yang memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Festival Pawai Kebudayaan Apeksi ini juga diikuti oleh 98 Kota yang hadir pada Rakernas XV Apeksi dengan menampilkan kebudayaan dari kota masing-masing. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X