Puskesmas Rahul Tapan Pesisir Selatan Lakukan Pembinaan Terhadap 14 Orang Dokter Kecil

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Puskesmas Rahul Tapan Pesisir Selatan Lakukan Pembinaan Terhadap 14 Orang Dokter Kecil
Puskesmas Rahul Tapan Pesisir Selatan Lakukan Pembinaan Terhadap 14 Orang Dokter Kecil

 

HARIAN HALUAN - Untuk mendorong dan meningkatkan partisipasi siswa dalam melaksanakan program Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan melakukan pembinaan dokter kecil di Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Koto Pulai di kecamatan itu.

Koordinator Pembinaan dokter kecil (dokcil) Puskesmas Rahul Tapan, drg Rony, mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (9/8) bahwa program dokcil di wilayah kerja Puskesmas Rahul itu sudah menjadi program rutin setiap tahun.

"Sekolah yang rutin dilakukan pembinaan tahun ini adalah SD Negeri 03 Koto Pulai. Sebab di sekolah ini ada sebanyak 14 orang dokter kecil. Mereka ini terdiri dari siswa kelas 4, 5 dan 6," katanya.

Dia menjelaskan bahwa tim yang terlibat dan diterjunkan untuk pembinaan dokcil itu terdiri dari petugas Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Petugas Gizi dan Petugas Kesehatan Lingkungan.

Baca Juga: Padang Panjang Ikuti Festival Pawai Kebudayaan Rakernas XV Apeksi

"Kegiatan ini juga kita lakukan pada Senin (8/8) kemarin, dengan menurunkan tim yang saya jelaskan tadi. Sebab banyak hal yang perlu disampaikan kepada para dokter kecil ini dalam menjalankan misi kemanusiaanya di sekolah, bahkan juga di lingkungan tempat tinggalnya," jelas Rony.

Hal itu dijelaskannya karena dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

"Tujuan umum terbentuknya dokter kecil di sekolah juga untuk meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS. Sedangkan tujuan khususnya adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan di lingkungannya. Selain itu agar siswa juga dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat, dan lain sebagainya" terang Rony mengakhiri. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X