Kepung DPR! Ribuan Buruh Kembali Tuntut Pencabutan UU Omnibus Law Ciptaker

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:11 WIB
Demo buruh di depan Gedung DPR sebelumnya./Net
Demo buruh di depan Gedung DPR sebelumnya./Net

HARIANHALUAN.COM - Ribuan massa buruh mengepung Gedung DPR/MPR RI. Dalam orasinya Rabu siang ini, (10/8/2022), kaum buruh menuntut pencabutan UU Cipta Kerja

Aksi bertajuk "Aliansi Aksi Sejuta Buruh Cabut UU Omnibus Law Cipta Kerja" itu diikuti lebih dari 40 organisasi buruh mulai dari konfederasi, federasi, serikat pekerja, ojek online. Pada puncak aksi nanti, aksi di Gedung DPR/MPR mereka menargetkan akan melibatkan 300.000 orang buruh, bahkan berkemungkin lebih dari itu.

Hingga saat ini, sambil menyanyikan lagu 'Buruh Tani', massa buruh dari berbagai elemen tersebut masih terus berdatangan. Mereka tidak saja berasal dari Kota Jakarta melainkan juga dai sejumlah kota dan daerah lainnya di luar Jakarta.

Baca Juga: Brigadir J Dibunuh, Begini Motif Ferdy Sambo Lakukan Rekayasa

Hingga siang ini saja, jumlah massa buruh sudah meluap ke jalan raya sehingga Jalan Jenderal Gatot Subroto yang mengarah ke Senayan, Jakarta Selatan ditutup.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Arif menyatakan, aksi unjuk rasa kembali dilakukan karena pemerintah, dalam hal ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan DPR tidak menghiraukan berbagai aksi dan dialog baik sebelum dan sesudah disahkannya Undang-undang Cipta Kerja atau Omnibus Law.

Baca Juga: Semarak Kemerdekaan, 4.000 Peserta Jalan Santai Dilepas Gubernur Sumbar

Dia  menyatakan,  UU PPP bisa menjadi alat untuk melegitimasi UU Omnibus Law Cipta Kerja yang telah dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi menjadi Konstitusional dan berlaku di Indonesia," tegas Arif.

Sekjen KSPI itu menyatakan, UU Cipta Kerja telah melanggar Pasal 5 huruf (g) UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan-undangan yakni mengabaikan asas keterbukaan mulai dari perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan, dan penetapan.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Lucyanel Genius Sampangi PAUD Al Iqra Kota Pariaman

Kamis, 29 September 2022 | 22:22 WIB

483 Ekor Sapi di Pariaman Sudah Divaksin PMK

Kamis, 29 September 2022 | 15:37 WIB
X