TPID Padang Panjang Laksanakan Evaluasi Pemantauan Harga Pangan

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:18 WIB
TPID Padang Panjang Laksanakan Evaluasi Pemantauan Harga Pangan
TPID Padang Panjang Laksanakan Evaluasi Pemantauan Harga Pangan


HARIAN HALUAN -- Guna mengevaluasi pelaksanaan pemantauan harga pangan strategis di Kota Padang Panjang, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang Panjang laksanakan Rapat Teknis di Ruang VIP Balai Kota, Rabu (10/8).

Asisten Administrasi Umum, Martoni, S.Sos, M.Si yang memimpin rapat menyampaikan, pemantauan harga pangan strategis penting dilakukan setiap hari untuk mengetahui perkembangan ketersediaan pasokan pangan dan kemampuan membeli masyarakat yang berujung pada perhitungan inflasi daerah.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan dalam rapat tersebut, diperoleh informasi bahwa pemantauan harga pangan strategis yang secara teknis dilakukan petugas Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM) di lapangan telah berjalan lancar setiap hari kerja tanpa kendala yang cukup berarti.

Baca Juga: Ribuan Warga Lepas Ki Jaga Raksa ke Istana Negara untuk Kirab Bendera Pusaka Saat Kemerdekaan

Pemantauan dilakukan dengan metode yang teruji sesuai ketentuan di Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. Dengan demikian maka data yang dihasilkan juga merupakan data yang cukup reliable (dapat diandalkan).

Sesuai dengan program kerja TPID Kota Padang Panjang, maka data dari kedua OPD tersebut dikirim secara real time oleh petugas lapangan dengan menggunakan aplikasi Udajang dan info-pangan Padang Panjang untuk diverifikasi Tim Verifikator dari Sekretariat TPID Kota Padang Panjang.

"Data yang sudah diverifikasi otomatis tampil sebagai info pangan. Masyarakat yang ingin mengetahui harga 45 komoditi pangan hari itu, dapat mengaksesnya melalui aplikasi Udajang mulai pukul 14.00 WIB. Aplikasi Udajang adalah aplikasi yang mengelola informasi resmi Pemerintah Kota Padang Panjang yang bisa didownload di Play Store," jelasnya.

Selain itu rapat juga membahas penguatan publikasi informasi harga ini melalui media website kota, videotron dan aksesibilitas harian kepada pimpinan daerah melalui Command Center Kota Padang Panjang.

Rapat diikuti Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Putra Dewangga, S.S., M.Si. selaku Ketua Tim Teknis TPID Kota Padang Panjang dan dihadiri anggota TPID di antaranya Kabid Perdagangan dan Industri Disperdakop UKM, Kabid Ekonomi SDA dan Infrastruktur Bappeda, Statistisi Ahli Muda Dinas Kominfo, Perencana Ahli Muda Bappeda, Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Dispangtan, Pengawas Perdagangan Ahli Muda Disperdakop UKM dan Badan Pusat Statistik Kota Padang Panjang yang diwakili Rindy Primadini. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X