BPIP Sosialisasikan Program Kelurahan Berdikari di Silaing Bawah Padang Panjang

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:25 WIB
BPIP Sosialisasikan Program Kelurahan Berdikari di Silaing Bawah Padang Panjang
BPIP Sosialisasikan Program Kelurahan Berdikari di Silaing Bawah Padang Panjang


HARIAN HALUAN -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Direktorat Jaringan dan Pembudayaan melakukan sosialisasi program Kelurahan Berdikari di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Rabu (10/8).
Sosialisasi dilakukan lantaran Kelurahan Silaing Bawah merupakan pilot project kelurahan berbasis wisata budaya yang sejalan dengan Program Desa/Kelurahan Berdikari BPIP.

Kegiatan ini diinisasi Emkave Kreatif, Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si dan Lurah Silaing Bawah, Dedi Adrian, S.H. Ini merupakan tindak lanjut pertemuan Direktrur Jaringan dan Pembudayaan BPIP, Dr. Irene Camelyn Sinaga, A.P, M.Pd dengan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano beberapa waktu lalu
Sosialisasi diberikan Ketua RW 23 Glintung, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Ir. Bambang Irianto kepada seluruh perangkat RT di Silaing Bawah.

Sosok pria paruh baya ini memiliki keberhasilan menggerakkan RW yang dia pimpin menjadi kawasan yang ramah lingkungan. Kampungnya viral dengan nama Kampung 3G, akronim dari Glintung Go Green.

Baca Juga: Berbagai Kebijakan Pro UMKM Telah Dihadirkan Pemko Padang Panjang

Semangat gotong royong yang tertanam dalam nilai-nilai Pancasila sukses mengangkat kampungnya menjadi Kampung Berdikari yang asri dengan segudang prestasi. Sehingga BPIP menilai pemikiran cerdasnya itu perlu dibagikan di seluruh kampung di Indonesia termasuk di Silaing Bawah.

Sejumlah hal yang dapat disimpulkan lewat paparan Bambang, antara lain semangat gotong royong hendaknya menjadi karakter sebuah desa/kelurahan. Ini dapat melahirkan inovasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

"Membangun Kampung Berdikari jangan dimulai dengan meminta-minta proposal, mulailah dari apa yang ada. Ketika kemampuan terbatas mulailah koordinasi dengan lurah, dengan perguruan tinggi. Bangun roh gotong royong. Inilah pondasi Kampung Berdikari. Inilah kebersamaan," tuturnya.

Lurah Dedi Andrian menyampaikan terima kasih kepada BPIP menghadirkan narasumber yang sangat menginspirasi. Dia beharap motivasi dan gagasan yang disampaikan bisa memantik semangat warganya mewujudkan Kampung Berdikari. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X