Halo Para Ibu, Mau Tahu Cara Masak Ayam Kampung Biar Empuk? Begini Teknik Praktisnya!

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:17 WIB

HALUAN, JAKARTA - Ayam kampung memiliki karakteristik tekstur lebih keras dari ayam broiler. Menurut ahli gizi dari IPB, ayam kampung memiliki nilai gizi lebih tinggi dengan komposisi lemak lebih bagus.

Cara merebus ayam biar empuk perlu memperhatikan waktu. Merebus terlalu lama, daging ayam bisa kering dan tidak enak. Untuk hasil terbaik perhatikan kualitas ayam saat beli daging ayam segar.

Ciri-Ciri Ayam Rebus Sudah Matang

Untuk memasak daging ayam kampung yang keras dapat dilakukan memakai berbagai metode. Anda dapat menerapkan cara-cara ini untuk mengetahui tingkat kematangan ayam kampung saat direbus.

Mengutip dari Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso, berikut cara mengecek kematangan ayam rebus.

1. Gunakan termometer

Ayam yang sudah matang sempurna memiliki suhu antara 70 sampai 72 derajat celcius. Pada kondisi ini, ayam kampung berubah wujud menjadi empuk.

Termometer dapat digunakan untuk mengecek temperatur ayam rebus. Walau lebih umum dipakai pada olahan steak atau ayam panggang, tidak ada salahnya Anda gunakan saat merebus ayam.

2. Tusuk ayam dengan pisau

Apabila Anda tidak memiliki termometer, gunakan saja pisau. Ini adalah cara mudah untuk mengecek tingkat kematangan ayam rebus.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Hasil Tangkapan Ikan di Pariaman Masih Fluktuatif

Sabtu, 24 September 2022 | 12:54 WIB

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mandi Air Hangat

Sabtu, 24 September 2022 | 11:11 WIB

Andre Rosiade Dorong Penurunan Margin Pembiayaan Syariah

Jumat, 23 September 2022 | 15:49 WIB
X