Masyarakat Tapan Pesisir Selatan Diberikan Vaksin Booster

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:55 WIB
Masyarakat Tapan Pesisir Selatan Diberikan Vaksin Booster
Masyarakat Tapan Pesisir Selatan Diberikan Vaksin Booster

 

HARIAN HALUAN - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan memberikan vaksinasi booster kepada masyarakat dan pelayan publik seperti walinagari dan guru di Puskesmas setempat, Kamis (11/8). Kini pelayanan vaksinasi Covid-19 dibuka setiap harinya di dalam gedung Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan.

Kepala UPT Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris menjelaskan, sebelum dilakukan vaksinasi, masyarakat yang mau divaksin di skrining terlebih dahulu kesehatannya oleh dr.Longmai Bunga Persik. Bagi yang memenuhi kriteria untuk divaksin, dilanjutkan pemberian vaksin oleh petugas. "Ayo lengkapi vaksin anda supaya terlindungi dari virus dan penyakit," ingatnya.

Dikatakan, vaksin booster diharapkan mampu memberikan efektivitas kesehatan bagi tubuh. Saat ini belum semua masyarakat kita mengenal vaksin booster atau disebut juga vaksin 3. Istilah booster menjadi topik yang nge-trend, dalam arti di sini yaitu menguatkan kembali sesuatu yang tadinya sudah ada namun kemudian berkurang jumlahnya atau bisa dibilang melemah.

Baca Juga: ASN Pemkab Pesisir Selatan Gelar Aksi Bersih Lingkungan Kantor Sambut HUT RI ke-77

Disebutkan, vaksin booster ini sangat berkaitan dengan vaksin primer dosis 1 dan 2, karena yang membentuk antibodi adalah vaksin primer. Kalau tidak ada vaksin primer, apa yang mau dikuatkan. Mengapa perlu dikuatkan? Sesuai surat edaran Pemerintah tertanggal 12 Januari 2022 bahwa hasil studi menunjukkan terjadinya penurunan antibodi 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan. Hal ini diperkuat juga dengan rekomendasi ITAGI (Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional) bahwa hasil kajian vaksin Covid-19 dosis lanjutan (booster), menganjurkan pemberian dosis lanjutan (booster) untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Kebut Smart City dengan Gelar Bimtek

Rabu, 28 September 2022 | 20:26 WIB

Teken MoU, Pemko Pariaman Jalin PKS dengan Unand

Rabu, 28 September 2022 | 20:03 WIB

Bertambah 106, Total Nagari di Sumbar Kini Jadi 1.035

Rabu, 28 September 2022 | 06:14 WIB

Dishub Kota Pariaman Minta Tambahan Bus Sekolah

Selasa, 27 September 2022 | 19:18 WIB
X