Buka Bazar Merah Putih, Gubernur Sumbar: Kebersamaan Kunci Pererat Persatuan Bangsa

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:19 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat membuka bazar merah putih.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat membuka bazar merah putih.

HARIAN HALUAN - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan "Bazar Merah Putih" yang digelar Kongsi Himpunan Tjinta Teman (HTT) di Kota Padang, bisa menjadi ajang mempererat berbagai keragaman antara lain suku, ras, bahasa dan juga agama.

Acara Bazar Merah Putih tahun 2022 dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77, dibuka langsung oleh Mahyeldi Ansharullah yang diselenggarakan di Gedung HTT, kawasan Pondok Padang, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Semarak Kemerdekaan, 4.000 Peserta Jalan Santai Dilepas Gubernur Sumbar

Gubernur mengapresiasi kegiatan tersebut melibatkan, berbagai elemen masyarakat kota Padang, tanpa mempedulikan perbedaan-perbedaan yang ada.

"Kuncinya adalah kebersamaan untuk mewujudkan masyarakat yang maju, peradaban yang maju dalam bentuk kearifan lokal di daerah kita," sambut Mahyeldi Ansharullah.

Masyarakat Sumbar, khususnya Kota Padang adalah masyarakat maju yang berpikiran terbuka dalam memandang perbedaan. Tidak sempit dan tidak etnosentris.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

"Sejak jaman penjajahan, kita sudah bersatu dengan masyarakat Tionghoa. Kita merayakan berpadunya ragam kebudayaan, tanpa menghilangkan ciri khas masing masing kebudayaan yang ada," ungkapnya.

Orang Tionghoa dan Minang memiliki kemiripan latar belakang sosial budaya. Selain memiliki masyarakat yang bersifat kolektif, mereka juga memiliki tradisi migrasi untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X