TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:22 WIB
Jenderal TNI Dudung Abdurachman, bersama Kepala BPIP dan warga setempat, Jumat (12/8/2022)
Jenderal TNI Dudung Abdurachman, bersama Kepala BPIP dan warga setempat, Jumat (12/8/2022)

HARIAN HALUAN - Sebagai upaya mengatasi krisis pangan dan menjaga ketahanan pangan, TNI Angkatan Darat menanam jagung di lahan milik PTPN seluas 1.140 hektare di Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Hari ini, jagung yang ditanam telah dipanen, panen jagung dilakukan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, bersama warga setempat, Jumat (12/8/2022).

"Sesuai dengan perintah saya, tentunya dilatar belakangi perintah Presiden Republik Indonesia, bahwa dampak Covid-19 berdampak pada ekonomi, pesan dari beliau membantu pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga: Gunakan 3 Meja Pos Ronda, Para Terduga Pelaku Judi Diamankan Polres Solok Selatan

Untuk mengantisipasi krisi pangan, maka saya menanfaatkan lahan ini untuk menanam jagung, gandum, padi dan sebagainya," ujar Dudung usai panen jagung.

Dudung mengatakan, hasil panen jagung itu akan diberikan kepada masyarakat setelah dipotong biaya operasional.

"Hasil ini akan diberikan kepada masyarakat setelah dipotong biaya operasional 30 persen. Khususnya di Ciemas ini diperkirakan kalau 30 juta per ton, ini nanti kalau 1 hektare itu 20 juta, ini di lahan ini diperkirakan akan terjadi perputaran uang sebesar 30 miliar, sehingga masyatakat-masyarakat yang ada di desa ini akan sejahtera," terangnya.

Baca Juga: Buka Bazar Merah Putih, Gubernur Sumbar: Kebersamaan Kunci Pererat Persatuan Bangsa

Tak hanya itu, TNI Angkatan Darat juga mencanangkan TNI Manunggal Air dengan menggunakan pompa hidram yang dapat dipakai oleh masyarakat.

"Begitu juga ada pencanangan air bersih menggunakan pompa hidram dan ini tersebar di seluruh Indonesia, yang sudah kita tanam (pompa hidram) 600 lebih, sehingga masyarakat yang tadinya harus menanggung air dari jauh, saat ini sudah sampai di rumah," jelas Dudung.

Halaman:

Editor: Jefrimon

Tags

Terkini

Hasil Tangkapan Ikan di Pariaman Masih Fluktuatif

Sabtu, 24 September 2022 | 12:54 WIB

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mandi Air Hangat

Sabtu, 24 September 2022 | 11:11 WIB

Andre Rosiade Dorong Penurunan Margin Pembiayaan Syariah

Jumat, 23 September 2022 | 15:49 WIB
X