Kabar Gembira! Ini Janji Jokowi untuk Dunia Seni dan Tradisi Lokal RI

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:51 WIB
Presiden Joko Widodo dan istri Iriana Jokowi tiba di Sidang Tahunan MPR RI pada Selasa, 16 Agustus 2022. (BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo dan istri Iriana Jokowi tiba di Sidang Tahunan MPR RI pada Selasa, 16 Agustus 2022. (BPMI Setpres)

HARIAN HALUAN – Dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul guna mencapai 5 agenda besar. Sehingga, penting untuk memangkas stunting dan memprioritaskan akses pendidikan yang berkualitas.

“Semua agenda tersebut harus ditopang oleh manusia Indonesia yang unggul. Untuk itu, di bidang kesehatan, stunting harus cepat dipangkas. Layanan promotif dan preventif serta layanan pengobatan harus semakin kuat dan merata,” kata Jokowi di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Kibarkan Merah Putih di Istana Negara, Ini Asal Sekolah M Faiz Assidiki dan Faiha ‘Athahillah

Jokowi menyampaikan, akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas harus terus diprioritaskan. Kemudian, para siswa dan mahasiswa juga perlu dikenalkan pada dunia kerja sejak dini.

“Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini,” ujarnya.

Kemudian, sambung mantan Wali Kota Solo ini, minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi. Untuk itu, budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama.

Lebih dari itu, Jokowi juga menaruh perhatian terhadap seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan, yang harus terus digairahkan. Dan karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung.

Bahkan, ia juga menjanjikan untuk meningkatkan Dana Abadi kebudayaan sesuai kemampuan fiskal pemerintah.

“Dana Abadi Kebudayaan akan terus kita tingkatkan sesuai kemampuan fiskal pemerintah,” ucap Jokowi.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X