Bupati Agam Perkuat Sektor Perikanan dan Pariwisata Tiku

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:57 WIB
Bupati Agam Andri Warman
Bupati Agam Andri Warman

HARIANHALUAN - Sektor perikanan dan kepariwisataan berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara. Sehingga, kedua sektor tersebut harus terus diperkuat.

Hal itu disampaikan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM saat menyalurkan sarana prasarana perikanan bagi nelayan tangkap, di UPTD PPW II Sumbar, Selasa 16 Agustus 2022.

Menurut bupati, pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah berdampak terhadap perekonomian masyarakat kawasan pantai. Khusus masyarakat pesisir, hasil tangkapan nelayan menurun, sektor kepariwisataan sepi akibat pembatasan.

Baca Juga: Kunjungi PDAM Tirta Antokan, Bupati Agam Tantang Produksi Air Mineral Sendiri

Untuk itu kedua sektor tersebut harus kembali digenjot. Di sektor perikanan, pihaknya menyalurkan sejumlah sarana prasarana perikanan dan bantuan rehap pasar ikan dan unit pengolahan ikan.

“Saya menyadari, nelayan yang paling merasakan dampak Covid-19 adalah nelayan tradisional atau nelayan tangkap, untuk itu pemerintah daerah harus menstimulus agar ekonomi kembali bangkit,” ujarnya.

Selain sektor perikanan, ekonomi masyarakat pesisir juga dapat digenjot melalui sektor kepariwisataan. Sehingga bupati menginginkan 2023 rencana pembangunan masjid berkubah merah di Tiku harus terealisasikan.

Baca Juga: Dua Siswa Sumbar Kibarkan Merah Putih di Istana Negara, Ini Asal Sekolah Mereka

Menurutnya, keberadaan masjid yang ikonik akan dapat menggaet wisatawan lebih banyak. Bupati mencontohkan Masjid Raya Sumbar, masjid putih di Pantai Muaro Padang dan masjid terapung di kawasan pantai Caracok.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

X